Wali Kota Rahma Minta Kesadaran Warga Tanjungpinang Bawa Balitanya ke Posyandu

Loading...

Suarasiber.com – Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP meminta kesadaran masyarakat untuk membawa balitanya ke Posyandu dan mendapatkan Vitamin A.

Dengan demikian dapat dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dari sisi kesehatannya.

Hal ini disampaikan Rahma saat pemberian vitamin A secara simbolis di Posyandu Delima, Kelurahan Batu IX, Rabu (2/2/2022).

Dalam kesempatan ini Wali Kota Rahma didampingi Wakil Wali Kota Endang Abdullah.

Kepada orangtua pemilik anak balita, Eahma menjelaskan vitamin A sangat potensial dan dapat mencukupi seluruh kebutuhan tubuh khususnya pada bayi dan balita.

“Yaitu suplementasi vitamin A melalui pemberian kapsul vitamin A. Kapsul warna biru untuk bayi usia 6-11 bulan dan warna merah untuk anak balita usia 12-59 Bulan,” ucap Rahma.

Ditambahkannya, masalah gizi berlebih dapat menjadikan seorang anak mengalami berat badan berlebih atau obesitas.
Sebaliknya jika gizi kurang umumnya dapat terlihat ketika anak mengalami stunting, kurus dan berat badan kurang.

“Stunting mencerminkan kondisi gagal tumbuh akibat dari kekurangan gizi kronis, sehingga anak menjadi terlalu pendek untuk usianya. Penurunan stunting perlu dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan seperti terhambatnya tumbuh kembang balita yang akan mempengaruhi kesehatan dan kecerdasan fisik kemudian hari,” paparnya.

Jadwal pemberian Vitamin A di Posyandu ialah bulan Februari dan Agustus setiap tahunnya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk deteksi dan intervensi dini ganguan pertumbuhan dan perkembangan balita, serta memenuhi kebutuhan balita akan vitamin A.

Diperlukan dukungan dan peran aktif orang tua untuk membawa balitanya ke Posyandu untuk memenuhi kebutuhan vitamin, serta untuk mengetahui pertumbuhan anak secara rutin setiap bulan.

Kepala Dinas kesehatan, de Elfiani Sandri menambahkan, pertumbuhan dimasa balita merupakan periode emas yaitu pada usia 0-5 tahun.

“Pada periode emas ini, terjadi peningkatan pesat pada pertumbuhan dan perkembangan balita. Di masa ini orang tua diharapkan dapat memantau pertumbuhan dan perkembangan balita secara rutin, serta mampu memenuhi kebutuhan balita akan zat gizi yang diperlukan,” tuturnya.

Salah satu zat gizi mikro yang diperlukan adalah vitamin A yang merupakan zat gizi yang penting bagi manusia yaitu untuk kesehatan mata dan mencegah kebutaan, juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

“Anak yang cukup mendapat vitamin A akan menjadi lebih kebal dan apabila terkena diare, campak atau penyakit infeksi lainnya tidak mudah menjadi parah sehingga tidak membahayakan jiwa,” lanjut Elfiani.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten Pemerintahan dan kesra, Drs. Tamrin Dahlan, M.Si, Kadis P3 dan Penmas, Rustam SKM, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan, Dra. Endang Susilawati, Ketua Himpaudi, Neti Lawati, Ketua TP- PKK Kecamatan/ Kelurahan, Camat serta Lurah se- Kota Tanjungpinang. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...