Video Wayang Viral, Ustaz Khalid Basalamah Unggah Video Klarifikasi dan Minta Maaf

Loading...

Suarasiber.com – Ustaz Khalid Basalamah meminta maaf atas salah satu isi ceramahnya soal wayang yang baru-baru ini viral dan membuat marah sejumlah kalangan.

Permintaan maaf ini disampaikannya melalui Instagram @khalidbasalahamofficial pada 14 Februari 2022. Khalid menjelaskan ceramahnya itu sudah setahun lalu di sebuah masjid di Jakarta Selatan.

Jawaban atas wayang juga disampaikan atas pertanyaan seorang jemaah. Selain di Instagram, video yang mengandung permintaan maaf ini juga diuggah di YouTube Khalid Basalamah Official.

Penceramah ini juga menjelaskan jika video ceramahnya yang dipersoalkan beredar sepotong-sepotong.

Dalam tayangan tersebut Ustaz Basalamah sangat hati-hari memberikan klarifikasi. Ia mengawali dengan kronologisnya. Ia juga mengatakan tidak menyatakan wayang itu haram dalam jawaban atas pertanyaan jemaah tadi.

“Saya, pada ada saat ditanyakan masalah wayang, saya mengatakan alangkah baiknya dan kami sarankan, kami sarankan agar menjadikan Islam sebagai tradisi, jangan menjadikan tradisi sebagai Islam, dan tidak ada kata-kata saya di situ mengharamkan,” katanya.

“Makna kata-kata ini juga kalau ada tradisi yang sejalan dengan Islam tiada masalah, dan kalau bentrok sama Islam ada baiknya ditinggalkan. Ini sebuah saran,” lanjutnya.

Ustaz Basalamah dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Ormas Setya Kita Pancasila terkait video wayang.

Ketua Ormas Setya Kita Pancasila, Sandi Tumiwa dan sejumlah orang terlihat di Barekrim, Selasa (15/2/2022) sore. Selain melaporkan, Sandi juga meminta Khalid untuk menghapus konten tentang wayang yang menimbulkan polemik. (zainai)

Editor Yusfreyendi

Loading...