Sah! Samsudaya Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia Bintan

Loading...

Suarasiber.com – Samsudaya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Bintan, di Pasar Tani Toapaya Asri, Sabtu (19/2/2022).

Keberanian Samsudaya mendapatkan apresiasi banyak orang. Lantaran pegawal Satpol PP Pemkab Bintan ini maju saat yang lain meninggalkan FPTI. Ia akan memimpin federasi ini hingga empat tahun ke depan.

Tahun 2020, cabang olahraga panjat tebing menjadi isu panas di Bintan. Pasalnya, sejumlah pejabat eselon di Kabupaten Bintan, pengurus KONI hingga pengurus FPTI Bintan sendiri berhadapan dengan hukum.

Akibatnya, nyaris tak ada lagi yang bersedia menjadi ketuanya. Hal ini berlangsung hingga masa kepengurusan berakhir, November 2021 lalu.

Pengprov FPTI Kepri mencoba mengangkat Plt ketua, namun kepengurusan definitif tak juga dilantik.

Tak ingin berlarut-larut, KONI Bintan mengirimkan surat ke KONI Kepri. Lalu Pengprov FPTI Kepri memberikan mandat untuk pelaksanaan Musyawarah Kabupaten (Muskab) FPTI Bintan.

Peserta yang hadir dan mengikuti Muskab FPTI Bintan ini berasal dari Mapala SAR milik STAIN, dan sejumlah insan dari kelomok pecinta cabor panjat tebing.

Muskab FPTI Bintan dibuka secara resmi oleh Herdiansyah selaku Ketua Harian Pengprov FPTI Kepri. Hadir dalam Muskab FPTI Bintan tersebut Rahak mewakili Plt Bupati Bintan, Suhandi dan sejumlah pengurus KONI Kabupaten Bintan, serta pengurus Pengprov FPTI.

Kesediaan Samsudaya yang juga mantan Lurah Toapaya Asri untuk memimpin FPTI Bintan diungkapkan dengan rasa syukur.

“Alhamdulillah, ada figur yang menyelamatkan dan peduli dengan FPTI Bintan,” kata Hendro, panitia penyelenggara Muskab FPTI Bintan.

Samsudaya sendiri mengakui belum pernah gabung dengan FPTI Bintan. Namun ia tahu persis prestasinya. Itulah alasan ia bersedia jadi ketuanya.

Ia hanya minta didukung. Program jangka pendeknya ialah berkoordinasi dengan KONI Bintan dan Pemkab Bintan, untuk persiapan sarana cabor panjat tebing. Guna menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...