Pengusaha Arifin Panigoro Meninggal di RS

Loading...

Suarasiber.com – Beredar kabar berantai melalui Grup WhatsApp mengenai meninggalnya pengusaha sekaligus Pemilik PT Medco Energi Internasional Tbk, Dr HC Ir H Arifin Panigoro.

Dalam pesan tersebut dituliskan jika Arifin Panigoro bin Yusuf Panigoro meninggal di Mayo Clinic, Rochester USA, Ahad (27/2/2022) kira-kira jam 14.45 waktu setempat atau Senin (28/2/2022) pukul 03.45 WIB.

Kabar duka ini dikonfirmasi Humas Medco Power, Kristy yang mengaku pihaknya sangat kehilangan.

Arifin meninggal dunia dalam usia 76 tahun.

Sebelum meninggal ia sempat berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo melalui ponsel. Sambil duduk kursi dan mengenakan selang pernafasan, Arifin mengatakan jika dirinya baik-baik saja.

Pengusaha ini merupakan pendiri Rumah Kebangsaan dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Sedikit perjuangan tentang Arifin Panigoro dituliskan Instagram @medcofoundation.

Lengkapnya sebagai berikut:

Berita duka. Telah berpulang Dr. HC. Ir. H. Arifin Panigoro (76 tahun).

Beliau meninggal pada hari Minggu, 27 Februari 2022, pukul 02.29 PM waktu Rochester Mineapolis, Amerika Serikat atau pada hari Senin, 28 Februari 2022 pukul 03.29 WIB.

Selama hidup, bisnis menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan Arifin Panigoro. Lahir di Bandung dari keluarga pedagang pada 14 Maret 1945, Arifin Panigoro banyak menghabiskan masa kecilnya dengan membantu orang tuanya berjualan di toko yang terletak di jalan Braga, Bandung.

Dari pengalamannya membantu orang tua menjalankan bisnis, beliau belajar banyak hal mengenai etika dan prinsip dalam berbisnis hingga akhirnya ia berhasil mendirikan Medco Group pada 1980 dan membesarkannya hingga saat ini.

Kiprah Arifin Panigoro tak hanya tercatat di bidang bisnis. Ia juga aktif di berbagai organisasi sosial kemanusiaan, kesehatan, olahraga, dan politik.

Sejumlah publikasi pernah ia tulis. Bahkan di sela-sela kesibukannya, Arifin Panigoro pernah menyempatkan diri membagi ilmu dan pengalamannya di beberapa kampus terkemuka di Indonesia hingga di Harvard Business School.

Arifin Panigoro dianugerahi gelar Doctor Honoris Causa atau doktor kehormatan dari ITB di bidang Technopreneurship pada 2010. Pada 2019, beliau juga menerima anugerah tanda jasa Bintang Mahaputra dari Pemerintah Republik Indonesia.

Pada tahun yang sama Arifin Panigoro juga dilantik sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Terima kasih, Bapak Arifin Panigoro.(eko)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...