Pemprov Kepri Tandatangani Komitmen Rehabilitasi Mangrove di HPN 2022

Loading...

Suarasiber.com – Pemprov Kepri menjadi salah satu dari 9 provinsi di Indonesia yang menandatangani komitment sebagai dukungan atas pelaksanaan rehabilitasi mangrove.

Penandatanganan dilakukan di Hotel Claro, Kendari-Sulawesi Tenggara, Selasa, (8/2/2022), menyemarakkan Hari Pers Nasional dan HUT ke-76 PWI.

Lembar komitmen yang sudah ditandatangani oleh 9 kepala daerah atau yang mewakili kemudian dilaporkan kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada acara puncak Hari Pers Nasional 2022 di pelataran Masjid Al Alam, Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (9/2/2022).

Gubernur Kepri Ansar Ahmad diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kepri Hendri, ST.

Hadir dalam kesempatan ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK)  Republik Indonesia, yang diwakili oleh Direktur Jendral Perhutanan Sosial dan Kemitraan lingkungan, Dr Ir Bambang Supriyanto MSc; Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove, Ir Hartono MSc; Gubernur Sulawesi Tenggara, H Ali Mazi SH; Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi dan Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani SH MSi.

Adapun 7 gubernur lainnya kehadirannya diwakili, termasuk Gubernur Kepri.

Penandatanganan komitmen ini merupakan bentuk tindak lanjut dari Workshop Nasional Percepatan Rehabilitasi Mangrove pada 20 Januari 2022 di Hotel  Kempinskin Jakarta.

Kegiatan itu ditaja oleh PWI bekerja sama dengan BRGM (Badan Restorasi Gambut & Mangrove). Temanya ialah “Peran Insan Pers Dalam Membangun Inisiatif Kolaboradi Percepatan  Rehabilitasi Mangrove Berkelanjutan”.

Sebelum penandatanganan, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi mewakili 9 provinsi menyampaikan short statement di hadapan Presiden Joko Widodo yang hadir secara virtual.

Dengan menandatangani komitmen ini, Pemprov Kepri mendukung upaya rehabilitasi mangrove untuk kesejahteraan masyarakat. Terutama kalangan nelayan dan fungsi mangrove sebagai pelindung wilayah terluar dari abrasi serta tingginya kemampuan mangrove dalam mengurangi emisi karbon.

Rangkaian HPN dan HUT ke-76 PWI tahun 2022 diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...