Ooooh… Ini Rupanya Penyebab Covid RI Tembus 57 Ribu Pasien

Loading...

Suarasiber.com – Data laporan kasus harian Covid-19 di Indonesia tiba-tiba melonjak pada Selasa (15/2/2022). Sempat turun di angka 35 ribu, pada hari itu melesat ke angka 57 ribu kasus.

Hal ini mengejutkan, sebab sebelumnya dari 55 ribu kasus, kemudian turun menjadi 40 ribu, 44 ribu dan sempat di 35 ribu. Dengan angka 57 ribu kasus, ini melampaui puncak kasus Covid-19 Delta yang berada di 56 ribu.

Sementara angka tertinggi sebelumnya sepanjang 2022 berada di 12 Februari lalu dengan total 55.209 kasus.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan memang ada data yang terpaut jauh. Ia mengutarakan penyebab melonjaknya kasus aktif melalui konferensi pers Kemenkes RI Rabu (16/2/2022).

Menurutnya, peningkatan angka tersebut karena ada akumulasi data di hari Sabtu dan Ahad yang belum diupload. “Ada data yang baru dimasukkan Selasa kemarin,” tuturnya.

Akibat keterlambatan upload data bukan hanya berimbas ke update kasus aktif, melainkan pada layanan untuk para pasien. Mereka yang bergejala ringan tidak langsung mendapatkan konsultasi dan paket obat gratis. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...