Dirjen Diksi Hibahkan Pesawat KR-02 demi Kompetensi Lulusan SMK Penerbangan

Loading...

Suarasiber.com – Dirjen Diksi Kemendikbudristek RI, Wikan Sakarinto menghibahkan pesawat terbang KR-02 kepada SMK Muhammadiyah 2 Salam, Magelang, Jawa Tengah, Senin (31/1/2022).

Acara hibah ini turut dihadiri Ibunda Wikan Sakarinto, Edi Hartati, beserta empat dari enam orang putranya.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk nyata dukungan dalam peningkatan kualitas mutu SDM vokasi khususnya jurusan penerbangan.

Wikan datang disertai keluarga besarnya. Sementara pesawat yang diserahkan merupakan peninggalan ayahnya, Kemal Singgih.

“Siswa SMK jurusan penerbangan kalau belajar sebagai calon teknisi pesawat, ya, jangan hanya dengan membaca buku saja, harus pegang langsung pesawat aslinya. Pesawat yang dirancang dan dibangun Almarhum Bapak di rumah kami ini semoga bermanfaat bagi SMK yang memiliki jurusan penerbangan,” harap Wikan.

Diceritakan Wikan, almarhum Ayahnya, Kemal Singgih membangun pesawat itu bersama mantan atlet terbang layang sekaligus penghobi dirgantara, Heru Rudiyanto.

Heru Rudiyanto sendiri dikenal sebagai pilot dan atlet terbang layang yang sempat meraih medali perunggu dan perak dalam berbagai ajang PON di masa lampau.

Heru juga diketahui telah menyumbangkan pesawat lain ke sebuah SMK di Medan, Sumatera Utara.

Melansir keterangan resminya, Rabu (2/2/2022), spesifikasi pesawat yang diserahkan ke SMK Muhammadiyah di Magelang bermesin Volkswagen (VW).

Konstruksi badan pesawat dari kayu yang sudah diolah khusus dipadukan logam ringan maupun fiber. Selain itu, instrumen pesawat juga terbilang lengkap dari pengukur ketinggian terbang, spidometer, throttle, dan lain-lain sehingga memenuhi spesifikasi yang layak terbang.

“Saya ingin terus membangkitkan semangat Ibu, dengan menghadirkan Ibu saya untuk melihat hasil hobi berat mendiang suaminya, karya Almarhum Bapak kami sekarang bermanfaat bagi banyak orang, generasi penerus bangsa,” ucap Wikan.

Wikan juga mencoba naik ke ruang kemudi KR-02 dan menyalakan mesinnya untuk memastikan semuanya berfungsi.

Selain menghibahkan pesawat, Wikan juga menyaksikan implementasi kerja sama jurusan audiovisual di SMK tersebut dengan Polytron. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...