Warga Khawatir Tower Berdampak pada Kesehatan, Roby Panggil Mitratel

Loading...

Suarasiber.com – Penolakan sebagian warga Barek Motor, khususnya RT 03/ RW 08 atas pembangunan tower telekomunikasi sampai ke telinga Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan.

Roby pun gercep alias gerak cepat. Kamis (13/1/2022) Roby memanggil perwakilan Mitratel sebagai pengembang bisnis telekomunikasi yang mendirikan tower tersebut.

Rapat dilaksanakan di Kantor Camat Bintan Timur secara tertutup. Plt Bupati didampingi Sekda Adi Prihantara dan sejumlah pejabat OPD.

Usai rapat, Roby menjelaskan yang dibahas ialah penolakan warga atas berdirinya tower tersebut.

“Makanya kita minta penjelasan teknis karena ada masyarakat yang tidak nyaman dengan kehadiran tower di lokasi pemukiman warga itu,” kata Roby.

Mitratel menjelaskan kekhawatiran warga terhadap dampak yang ditimbulkan tower. Salah satu yang disampaikan ialah, tower akan mati beroperasi kalau ada petir yang kuat.

Dalam waktu dekat, Pemkab Bintan dan Mitratel akan bertemu dengan masyarakat untuk menjelaskan apakah tower yang dibangun memiliki dampak seperti yang ditakutkan masyarakat.

Roby sendiri berharap setelah nanti ada pertemuan dan penjelasan secara detil, warga menerima kehadiran tower untuk mempercepat dan mempermudah akses komunikasi khususnya di daerah Bintan.

“Namun kembali saya tegaskan, kita harus duduk bersama lagi karena ini menyangkut kepentingan bersama dan untuk masyarakat juga,” imbuhnya.

Buat Surat Penolakan

Sebelumnya, penolakan warga Barek Motor atas berdirinya tower yang dibangun Mitratel diwujudkan dalam bentuk surat.

Pertemuan antara Mitratel dan warga pun sudah pernah dilakukan, mulai di rumah seorang ketua RT hingga rapat di Kantor Camat Bintan Timur.

“Namun pertemuan-pertemuan tersebut belum menghasilkan kata sepakat,” tutur Camat Bintan Timur, Muhammad Sofyan, SE, akhir Desember 2021 lalu, dilansir dari prioritas.co.id.

Alasan utama penolakan warga ialah kekhawatiran tower berdampak kepada kesehatan serta bahaya lainnya.

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan pun pernah menyempatkan diri ke lokasi ini pada 31 Desember 2021. Kala itu ia didampingi Sekcam Bintim, Subianto, S.Sos, MM bersama Bhabinkamtibmas Kijang Kota, Bripka Teddy Saputra.

Ketua RT 004, Emmi berterima kasih atas kedatangan Bupatinya untuk merespon kekhawatiran warga. Meski tower tidak di wilayah kerjanya, namun cukup dekat. (machfut)

Editor Yusfreyendi

Loading...