Menhub Berharap Bandara Internasional Bintan Baru Rampung Akhir 2023

Loading...

Suarasiber.com – Dukungan pihak swasta untuk membangun bandara guna mendukung sektor industri dan wisata di Pulau Bintan disambut baik Menhub RI, Budi Karya Sumadi.

“Kami mendukung inisiatif dari sektor swasta untuk membangun Bandara Internasional Bintan Baru atau New Internasional Airport Bintan, Kepulauan Riau,” ujarnya, di Bintan, Senin (24/1/2022) dilansir dari dephub.go.id.

Menurut Menhub, keberadaan bandara baru tersebut akan mendukung tumbuhnya sektor industri dan pariwisata yang dapat mendatangkan investasi.

Pada kesempatan ini Menhub juga meninjau lokasi pembangunan Bandara Internasional Bintan Baru yang tengah dikerjakan pihak swasta yaitu PT Bintan Aviation Investment.

Ia menyarankan agar pengelola bandara berkolaborasi dengan pelaku usaha bertaraf internasional yang memiliki kemampuan menggerakkan para wisatawan mancanegara untuk datang berwisata ke Bintan.

Harapannya, bandara ini rampung akhir 2023 sehingga dapat segera membuka konektivitas dari dan menuju Pulau Bintan. Ujungnya mendatangkan investasi yang besar.

Sebagaimana arahan Presiden RI Joko Widodo, Budi Karya menjelaskan pihaknya mendukung penuh partisipasi swasta dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

“Untuk membangun infrastruktur transportasi seperti pelabuhan dan bandara. Kami akan dukung dan memberikan petunjuk agar pembangunannya dilakukan sesuai dengan ketentuan, khususnya yang berkaitan dengan aspek keselamatan,” kata Menhub.

Managing Director PT Bintan Aviation Investment Michael Wudy menjelaskan, inisiatif membangun bandara dengan harapan mampu pendorong pergerakan ekonomi, serta pengembangan sektor industri dan pariwisata.

“Dalam membangun kami akan tetap memperhatikan aturan-aturan yang ada dan mengutamakan aspek keselamatan,” ujarnya.

PT Bintan Aviation Investment membangun proyek Bandara dan Aerospace Industry Park dengan luas lahan kawasan bandara 800 hektare (ha) dan kawasan industri 510 ha di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kawasan bandara tersebut nantinya dapat berfungsi sebagai penerbangan umum, fasilitas Pemeliharaan Pesawat (MRO), dan pusat logistik.

Pembangunan Bandara Internasional Bintan Baru atau New Internasional Airport Bintan sudah berjalan sejak tahun 2015. Saat ini pembangunan fase 1 sudah masuk tahap pemadatan tanah untuk runway sepanjang 3000 meter.

Di akhir kunjungannya ke lokasi bandara, Menhub Budi Karya berharap keberadaan bandara ini menjadi kebanggaan masyarakat di Pulau Bintan, Kepri dan sekitarnya. ***

Editor Yusfreyendi

Loading...