Lingga Masuk sebagai Kabupaten Rujukan SIPD di Indonesia

Loading...

Suarasiber.com – Kabupaten Lingga ditetapkan menjadi rujukan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) untuk Kabupaten/Kota se-Indonesia oleh Kemendagri.

Kabupaten Lingga mendapatkan kepercayaan tersebut bersama 21 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menggunakan full SIPD dan menjadi binaan Kemendagri untuk menjadi Role Model SIPD se-Indonesia.

“Secara statistik SIPD, Kabupaten Lingga mengalami kemandirian sistem SIPD. Terima kasih telah mempercayakan Kabupaten Lingga sebagai rujujan pelaksanaan SIPD,” kata Bupati Lingga, M Nizar, saat menghadiri kunjungan kerja Mendagri Tito Karnavian di Kota Batam, Kamis (13/1/2022).

Nizar menjelaskan, sejak SIPD muncul hingga sekarang, Pemkab Lingga menggunakannya full. Dari pelaporan, penganggaran hingga proses selanjutnya.

“Walaupun dalam perjalanan masih ada kendala, namun dibackup dari SIMDA,” tambah Nizar.

Untuk penatausahaan laporan setiap bulan ke SIPD Kemenkeu belum terintegrasi. Dia berharap hal tersebut dapat dipercepat sehingga daerah tidak lagi telat setiap bulannya menyampaikan laporan keuangan.

Mengingat dampak terlambat melaporkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) adalah penundaan Dana Alokasi Umum (DAU).

“Untuk SIPD ini memang akuntansi pelaporan Kabupaten Lingga meminta pendampingan langsung dari Kemendagri untuk LKPD 2021,” jelas dia.

Mendagri Tito Karnavian pada saat itu menunjuk langsung Kepala Badan Litbang Kemendagri, Dr Drs Agus Fatoni MSi untuk melakukan pendampingan.

Arahan Mendagri direspon cepat oleh mantan Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri ini, dan bersedia memberikan asistensi serta pendampingan untuk Kabupaten Lingga.

“Lingga sangat aktif dan kami siap memberikan asistensi serta lakukan pendampingan,” kata Agus Fatoni. (tengku)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...