Kepala BPBD Bintan Ingatkan Nelayan Cermati Cuaca Ekstrem Awal Tahun

Loading...

Suarasiber.com – Kepala BPBD Bintan, Ramlah mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bintan agar mewaspadai cuaca awal tahun 2022.

Imbauan ini lebih dikhususkan mereka yang tinggal di pesisir pantai. Mereka diminta selalu waspada dengan cuaca di awal tahun yang selalu berubah.

“Awal tahun 2021 lalu Bintan mengalami banjir di beberapa titik akibat curah hujan yang besar. Tahun ini, Alhamdulillah cuaca tidak terlalu ekstrem, namun masyarakat harus tetap waspasa,” pintanya, belum lama ini.

Ramlah mengutip informasi dari BMKG bahwa Bintan dan Tanjungpinang masih rawan akan hujan dengan kapasitas sedang ke atas.

Informasi BMKG menyebutkan gelombang laut wilayah Bintan, Natuna dan Anambas masih berkisar antara 1,5 hingga 2,5 meter. Potensi perubahan cuaca juga menjadi hal yang tak bisa diduga.

Sejak datangnya musim utara, sejumlah nelayan memang banyak yang memilih mencari pekerjaan sementara di darat.

Seperti disampaikan oleh seorang nelayan Kelongm Samsudin di akhir tahun 2021 lalu. Ia menyebutkan musim utara biasanya terjadi selama empat bulan.

“Mulai angin utara November. Sudah terasa angin dan ombak yang kencang,” ujarnya, kala itu.

Ia dan teman-temannya sesama nelayan kelong pun bekerja di darat sambil memperbaiki kelong agar saat cuaca normal kondisinya kuat.

Perbaikan sebuah kelong rata-rata memakan waktu sebulan. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...