BPNB Kepri Umumkan 11 Pemenang Lomba Film Dokumenter

Loading...

Suarasiber.com – Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepulauan Riau mengumumkan 11 pemenang lomba pada Malam Anugerah Gebyar Film Dokumenter, Senin (10/01/2022).

Malam Anugerah Gebyar Film Dokumenter BPNB Kepulauan Riau ini merupakan serangkaian acara yang dimulai 6 Januari 2022, menampilkan 11 film-film dokumenter yang ada di Kepulauan Riau.

Kumpulan film dokumenter selanjutnya bisa diakses di kanal youtube BPNB Kepulauan Riau.

Balai Pelestarian Nilai Budaya Kepulauan Riau merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemdikbud di bawah Ditjen Kebudayaan. Cakupan wilayah kerjanya Provinsi Kepri, Riau, Jambi dan Kepulauan Bangka Belitung. 

Kepala BPNB Kepulauan Riau, Toto Sucipto membuka secara langsung Malam Anugerah Gebyar Film Dokumenter tahun 2022 disaksikan penguji dan para nomine yang hadir di lokasi acara.

Kegiatan perekaman peristiwa dan sejarah di film dokumenter ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan BPNB Kepulauan Riau setiap tahun.

“Setiap tahun kami mendokumentasikan sejarah dan budaya sekitar 10-12 film. Semuanya tentu saja dikerjakan dengan melibatkan masyarakat, Pemda, komunitas dan hasilnya ini menjadi koleksi serta referensi di perpustakaan atau di medsos BPNB Kepulauan Riau,” ujar Toto.

Ia juga mengatakan bahwa BPNB Kepulauan Riau terus berupaya untuk melengkapi bahan-bahan untuk pengenalan kebudayaan di wilayah kerjanya.

Selain amanat Undang-undang no 5 tahun 2017 tetang kemajuan kebudayaan, pendokumentasian sejarah dan budaya tersebut juga seiring dengan motto BPNB Kepulauan Riau yaitu Kenali Budayamu, Cintai Negerimu.

Ia berharap video-video yang dihasilkan akan melengkapi referensi dalam upaya pengenalan kebudayaan agar lebih mudah dicermati, informatif, inspiratif dan dapat membantu upaya-upaya pemerintah dalam pengenalan kebudayaan.

“Tentu saja ujungnya adalah untuk meningkatkan ketahanan budaya serta menguatkan identitas serta jati diri dan karakter,” ujarnya. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...