Yuk Pahami Sertifikat Kompetensi dan Kegunaannya di Dunia Kerja

Loading...

Suarasiber.com – Sedikitnya 100 pekerja konstruksi di Batam mendapatkan pembekalan untuk mengikuti uji kompetensi yang diprakarsai oleh Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, Cen Sui Lan.

Saat membuka kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah 1 di Hotel Ibis, Batam, Minggu (28/11/2021), Cen Sui Lan mengatakan pekerja yang bersertifikat kompetensi gajinya bukan lagi per jam atau hari.

Nah, buat sobatsiber semua, apakah kalian ingin tahu seberapa penting sebenarnya sertifikat kompetensi itu?

Melansir sertifikasiku.com, sertifikasi kompetensi adalah suatu pengakuan terhadap tenaga kerja memiliki keterampilan dan pengetahuan. Serta sikap kerja sudah sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan.

Dengan begitu sertifikasi ini memberikan kepastian jika tenaga kerja atau pemiliki sertifikat tersebut sudah terjamin akan kredibilitas kerjanya. Terutama saat melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas serta tanggung jawabnya.

Pengertian lain dari sertifikasi profesional adalah sertifikasi kerja yang dibutuhkan untuk mendapatkan atau meningkatkan kompetensi bidang tertentu. Sertifikasi profesional merupakan sebuah sertifikasi kerja yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau LSP.

LSP ini sudah diakreditasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNSP. Dalam persaingan industri dan ketenagakerjaan yang ketat sekarang ini tentu sebuah sertifikasi kompetensi merupakan hal penting.

Karena selain untuk menunjukan jika Anda merupakan pekerja yang berkompeten di bidang tersebut, adanya sertifikat akan memudahkan perusahaan. Perusahaan dapat memilah pekerja dinilai berkompeten disuatu bidang yang dibutuhkan.

Jadi sertifikasi BNSP memang harus dimiliki jika ingin meningkatkan kredibilitas dalam bidang pekerjaan Anda.

Pentingnya Sertifikat Kompetensi

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah alasannya mengapa memiliki sertifikat itu penting.

Melansir hrdspot.com, keuntungannya bisa dilihat dari dua sisi.

Bagi para pekerja profesional, berikut sejumlah manfaatnya:

  • Memiliki keunggulan kompetitif dibanding kandidat tanpa sertifikasi.
  • Memiliki potensi untuk mendapatkan upah lebih tinggi.
  • Memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan.
  • Menunjang karir profesional.

Bagi perusahaan atau industri, sertifikasi juga mendatangkan sejumlah keuntungan berikut:

  • Membantu menemukan kandidat yang tepat dalam proses rekrutmen.
  • Membantu divisi Human Resources (HR) untuk menyusun pengembangan karir dan remunerasi berbasis kompetensi.
  • Meyakinkan kepada klien atau konsumen bahwa produknya dibuat oleh personel yang kompeten.

Sementara dari sertifikasiku.com, manfaatnya bisa disebutkan sebagai berikut:

Mengukur Kemampuan Diri

Dengan memiliki sertifikat kompetensi bisa berguna untuk melihat seberapa kemampuan Anda di bidang tersebut. Jadi dapat diketahui saat hasil dari ujian yang diikuti dalam proses mencari sertifikat tersebut.

Dengan begitu pekerja akan paham batasan dan kekurangan yang dimiliki. Serta dapat meningkatkan kemampuan di bidang pekerjaan tersebut agar dapat tetap bersaing dengan pekerja lainnya.

Membuktikan jika sudah mengantongi sertifikasi BNSP kemampuan Anda sudah diakui oleh para penguji yang berkompeten. Hal tersebut tentu akan menambah nilai positif jika melamar di suatu perusahaan.

Bisa dikatakan dengan memiliki sertifikat ini membuat kepercayaan diri dari seorang pekerja menjadi meningkat. Kepercayaan diri tersebut akan membuat hasil dari pekerjaan tenaga kerja bersertifikat menjadi lebih baik.

Dengan memiliki sertifikat kompetensi kerja ini membuat kemampuan Anda akan diakui secara global. Tentu hal itu akan membuat pengembangan kemampuan kompetensi Anda bisa meningkat jauh lebih tinggi.

Peluang untuk dapat bergabung dan bekerja di perusahaan bonafit juga meningkat. Ini disebabkan dengan adanya sertifikat itu membuat penilaian perusahaan kepada Anda menjadi meningkat dibandingkan dengan yang tidak bersertifikat.

Memang seperti hanya terlihat penting untuk alasan administrasi saja. Tetapi BNSP dan LSP sudah memiliki standar penilaian oleh penguji kompeten dalam proses pemberian sertifikat jadi hasilnya tidak perlu diragukan lagi.

Meningkatkan Profesionalisme Kerja

Selain hanya untuk memperlancar urusan administrasi dan memudahkan perusahaan dalam memilah serta menyaring pekerjanya. Berikut beberapa alasan pentingnya dari memiliki sertifikat profesi baik bagi perusahaan ataupun karyawan.

Karyawan memahami standar melakukan pekerjaan yang baik sesuai bidangnya. Dikarenakan sebelum mendapatkan sertifikat kompetensi kerja pekerja tersebut harus mengikuti pelatihan bekerja dengan baik dan profesional.

Karyawan memiliki nilai jual dan daya saing yang tinggi. Ketika seorang pekerja memiliki sertifikat profesi maka perusahaan akan lebih mempertimbangkannya.

Jenjang karir seorang pekerja menjadi lebih baik. Biasanya untuk memperlancar karir, seorang pekerja jika ingin meningkatkan jenjang karir harus memiliki sertifikat kompetensi kerja terlebih dahulu agar perusahaan menjadi lebih yakin.

Perusahaan akan meningkatkan produktivitasnya jika mempekerjakan karyawan sudah berkompetensi di bidangnya. Jadi bisa menyelesaikan pekerjaan dengan standar berkualitas.

Kemungkinan terjadi kesalahan kerja akan menurun. Dengan mempunyai sertifikat profesi, biasanya pekerja akan lebih profesional sehingga kesalahan kerja akan lebih jarang ditemui.

Untuk Anda yang masih fresh graduate juga tidak masalah jika ingin mencari sertifikat satu ini. anda bisa mengikuti sertifikasi bnsp online yang diselenggaran oleh lembaga pelatihan yang dilakukan secara online atau virtual. Karena dengan memiliki sertifikasi kompetensi perusahaan akan mempertimbangkan anda walaupun masih fresh graduate.

Direktur Utama PT Sigma Intermedia Pers yang menaungi suarasiber.com, Sigik Rachmat Subagyo mengatakan, sertifikat kompetensi juga ada di dunia jurnalistik.

“Tinggal cek di laman Dewan Pers, ketik nama juranalisnya, kalau yang bersangkutan sudah pernah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan maka namanya akan muncul. Siapa saja bisa mengeceknya,” ujar lelaki yang juga hobi berkebun ini.

Nah, pasti sekarang kalian ingin memiliki sertifikat kompetensi itu, bukan? (machfut)

Editor Yusfreyendi

Loading...