RS Raja Ahmad Tabib Layani Kemoterapi dengan BPJS Kesehatan

Loading...

Suarasiber.com – RSUD Raja Ahmad Tabib di Kota Tanjungpinang, melayani kemoterapi bagi pasien kanker yang jadi peserta BPJS kesehatan mulai Desember 2021.

Layanan kemoterapi ini merupakan kerjasama antara Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang koordinator Provinsi Kepri dengan RSUD Raja Ahmad Tabib dan BPJS Kesehatan Tanjungpinang.

Ketua YKI Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar resmi membuka layanan kemoterapi tersebut di aula serbaguna RSUD Raja Ahmad Tabib, Kamis (2/12/2021).

Adanya layanan kemoterapi bagi peserta BPJS diungkapkan Dewi Ansar sangat membantu meringankan beban pasien kanker di Tanjungpinang dan Bintan.

Sebab selama ini penanganan kanker dengan kemoterapi di Kepri hanya tersedia di kota Batam.

“Di YKI saya banyak sekali menerima keluhan para penyintas kanker yang merasa sangat terbebankan apabila harus ke Batam.

Bahkan sampai ke Medan untuk kemoterapi, sekarang Alhamdulillah sudah ada kemoterapi di Tanjungpinang,” kata Dewi Ansar.

Layanan ini pun tak hanya untuk warga Tanjungpinang dan Bintan saja. Tapi untuk semua warga di kabupaten kota lainnya di Provinsi Kepri.

“Kita tahu sendiri biaya untuk pengobatan kanker itu tidak murah. Dengan BPJS Kesehatan beban biaya yang harus ditanggung masyarakat juga dapat teringankan,” ujar Dewi Ansar.

Dari data yang dihimpun oleh YKI Kepri, jumlah pasien penyintas kanker di Tanjungpinang dan Bintan berjumlah 151 orang.

Direktur RSUD Raja Ahmad Tabib, dr. Yusmanedi, mengatakan, RSUD Raja Ahmad Tabib juga akan dimulai juga layanan kesehatan ibu dan anak ke depannya.

Sebelumnya, RSUD Raja Ahmad Tabib juga sudah melakukan kerjasama dengan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Untuk menyediakan operasi pemasangan ring jantung di Tanjungpinang, Selasa (30/11/2021).

“Semua peningkatan layanan ini akan terus digesa agar masyarakat Kepri semakin mudah menjangkau berbagai fasilitas kesehatan,” ucap dr. Yusmanedi.  (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...