Konferkot PWI Tanjungpinang Syarat dengan Prokes Covid-19, Amril Terpilih Secara Aklamasi

Loading...

Suarasiber.com – Penyelenggaraan Konferensi Kota (Konferkot) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tanjungpinang syarat dengan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, Selasa (14/12/2021). Dalam Konferkot Tanjungpinang ini, Amril terpilih sebagai Ketua PWI Tanjungpinang secara aklamasi, untuk periode 2021-2024.

Konferkot PWI Tanjungpinang digelar di Hotel CK Tanjungpinang. Sebelum penyelenggaraan Konferkot, pihak panitia sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Satgas Covid-19. Kegiatan diberikan izin, dengan peserta yang berada di ruangan sebanyak 50 persen dari kapasitas.

Kemudian, peserta maupun undangan yang hadir pada saat pembukaan Konferkot, diwajib memakai masker. Selain itu, peserta yang hadir juga wajib mengatur jarak, di dalam ruangan. Sebelum memasuki ruangan Konferkot, para peserta diwajibkan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Bahkan, beberapa orang menggunakan scan PeduliLindungi di depan hotel, sebelum memasuki tempat kegiatan.

“Konferkot PWI Tanjungpinang ini syarat dengan Prokes, untuk mengantisipasi penularan Covid-19,” kata Suhardi, panitia penyelenggara.

Zakmi Piliang ketua demisioner PWI Tanjungpinang-Bintan mengatakan, selama kepengurusan 2018-2021, tidak banyak kegiatan yang dijalankan. Karena, sejak tahun 2020 sampai saat ini (2021), dalam masa pandemi Covid-19. Namun, PWI Tanjungpinang menggelar beberapa kegiatan yang sifatnya membantu pemerintah dalam menekan angka penularan virus corona.

“Termasuk penyelenggaraan Konferkot PWI Tanjungpinang-Bintan saat ini, masih dalam masa pandemi. Justru itu, dilaksanakan dengan Prokes secara ketat,” ucap Zakmi.

Ketua PWI Provinsi Kepri Chandra Ibrahim berpesan, agar para wartawan searah dengan para pemimpin dan semua pihak terkait, dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik. Searah atau berteman itu dalam artian, wartawan terus kritis dan memberikan saran kepada pemimpin.

“Biasanya, orang itu jatuh karena disanjung. Terkadang jatuh karena kerikil kecil. Justru itu, kita selalu berikan kritikan positif,” tambahnya.

Di masa pandemi Covid-19, tambah Chandra Ibrahim, wartawan tetap kritis dalam menyampaikan informasi. Jika tidak kritis, siap-siap medsos yang akan mengambil alih untuk kepercayaan publik.

Eko Sumbaryadi staf ahli Gubernur Kepri juga mengingatkan, agar para wartawan selalu mengedepankan kaedah kode etik jurnalistik, dalam menyampaikan informasi. Namun Pemprov Kepri yakin, anggota PWI di Kepri sudah berkompetensi dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik itu.

“Tapi ingat, wartawan jangan lengah dengan Covid-19. Patuhi Protokol Kesehatan 5M itu, selama menjalankan tugas. Siapa pun terpilih jadi ketua, kita akan selalu bermitra,” tambah Eko Sumbaryadi.

Konferkot PWI Tanjungpinang yang berlangsung syarat dengan Prokes, berjalan lancar. Dalam proses pemilihan, Amril yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris PWI Tanjungpinang-Bintan periode 2018-2021, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PWI Tanjungpinang, untuk periode 2021-2024.

“Saya perlu dukungan dari semua teman-teman. Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia, yang sudah menyelenggarakan Konferkot ini dengan Prokes secara ketat,” kata Amril.

Selain pemilihan Ketua PWI Tanjungpinang, Konferkot juga merekomendasikan pemekaran PWI Kabupaten Bintan. Atas rekomendasi tersebut, PWI Provinsi Kepri menunjuk carateker PWI persiapan Kabupaten Bintan. (yusfreyendi)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...