DJBC Kepri – Lantamal IV Bersatu Padu Tegakkan Hukum di Laut

Loading...

Suarasiber.com – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV Tanjungpinang (Danlantamal IV Tanjungpinang), Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan dan rombongan berkunjung ke Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau di Karimun, Rabu (1/12/2021).

Kedatangan petinggi Lantamal IV Tanjungpinang disambut Kepala Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepri, Akhmad Rofiq yang didampingi sejumlah pejabat.

Kunjungan ini merypakan bentuk silaturahmi serta ada kesaam tekad untuk bersinergi menegakkan hukum di laut.

Danlantamal IV beserta rombongan kemudian diajak berkeliling kantor. Salah satu yang didatangi oalah gudang barang hasil penindakan satgas patroli laut bea cukai.

Kemudian rombongan mengunjungi lingkungan Pangkalan Sarana Operasi (PSO) mulai dari docking area, bengkel mesin, bengkel kayu dan dermaga.

Tak hanya berkeliling lingkungan kantor, Danlantamal IV juga berkesempatan diajak mengarungi lautan dengan speedboat.

Menurut Rofiq, sinergi antara aparat penegak hukum sangat diperlukan dalam tugas penegakan hukum di laut.

“Setiap instansi yang memiliki kewenangan dalam penegakkan hukum memiliki tugas dan fungsi yang spesifik sesuai dengan ketentuan undang-undang,” ujarnya.

Bea Cukai memiliki cakupan tugas penegakan hukum di laut dalam lingkup pengamanan fiskal atau potensi penerimaan keuangan negara.

Sementara TNI AL memiliki tugas salah satunya penegakan hukum di bidang pertahanan dan menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional. (adi)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...