Semangat Persatuan, Para Pahlawan Tak Pernah Tanya Asal-usulmu

Loading...

Suarasiber.com – Para pahlawan perjuangan kemerdekaan Indonesia berasal dari berbagai suku. Namun tak pernah ditanyakan dari mana asal-usul dan perbedaan lainnya.

Semuanya hanya memiliki satu semangat, mengenyahkan penjajah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Itulah salah satu poin yang disampaikan Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan ke-76 Hari Pahlawan 10 November di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Dompak, Rabu (10/11/2021).

Selain membacakan amanat Menteri Sosial, Gubernur Ansar juga mengingatkan peserta upacara akan peristiwa heroik Pertempuran 10 November di Surabaya.

Disampaikannya, Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang diperingati sebagai Hari Pahlawan harus dicontoh.

Dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun,
serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan.

Para pahlawan kita dengan gagah berani memilih melawan bombardir dari kapal perang dan pesawat tempur serta tank dan senjata canggih lainnya walau terkadang hanya dengan bambu runcing.

Mereka memiliki keyakinan yang tinggi untuk mempertahankan kemerdekaan, yang berbalut semboyan merdeka atau mati.

“Jiwa persatuan yang tidak menanyakan asal-usul
dan semangat pantang menyerah inilah yang harus kita resapi dan lestarikan sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan dan ancaman apapun,” pesannya.

Sejumlah pejabat Pemprov Kepri dan Forkopimda turut menghadiri upacara ini.

Diantaranya Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali; Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar; Kapolda Kepri Irjen Pol Dr Aris Budiman; Kajati Kepri Hari Setiyono.

Lalu ada juga Danrem 033 Wirapratama Brigjend TNI Jimmy Ramoz Manalu; Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan; Kepala Kepala Zona Kamla Maritim Barat Laksamana Pertama Hadi Pranoto.

Tak ketinggalan Danlanud RHF Kolonel Pnb A. Donie P, Kaban Pers Guskamla Koarmada I Letkol Ali Subhan, Para pimpinan instansi vertikal, Kepala LVRI Kepri, Para Asisten Pemprov Kepri, Staf Ahli, Staf Khusus dan Kepala OPD Pemprov Kepri. (mat)

Loading...