Pancing Investor Datang, Ansar: Ciptakan Situasi Gula dan Semut

Loading...

Suarasiber.com – Kemaritiman akan menjadi fokus utama Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad dalam pembangunan Kepulauan Riau di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Ansar dalam wawancara eksklusif dengan Metro TV dalam rangka  HUT Metro ke-21 di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (8/11/2021).

“Berbagai kebijakan strategis tengah kita gesa, pungutan labuh jangkar saat ini masih terus kita perjuangkan.

Kemudian, pembangunan cold storage di pesisir. Dan juga pelabuhan samudera sebagai pelabuhan sentra perikanan,” kata Ansar.

Kepri saat ini memiliki tiga Kawasan Ekonomi Khusus yang berada di Bintan dan Batam. KEK tersebut yaitu KEK Galang Batang, KEK Nongsa Digital Park, dan KEK Batam Aero Technic.

Ketiga KEK tersebut akan dimaksimalkan Gubernur untuk menjadi katalisator pembangunan Kepri.

Selan itu, untuk memancing ketertarikan investor dari luar negeri, Ansar memaparkan bila Kadin telah bersepakat. Untuk memberikan skema investasi murah dengan cara memberikan hak guna lahan gratis selama lima tahun bagi investor.

“Dalam menggaet investor, kita harus menciptakan situasi gula dan semut. Supaya semut-semut besar mau datang ke Kepri, kita harus memberikan mereka gula yang manis. Caranya dengan memberikan insentif-insentif yang memudahkan para investor,” ujarnya.

Ansar menilai cara terbaik mengurangi pengangguran dan menumbuhkan perekonomian di Kepri, adalah memberikan kemudahan-kemudahan perizinan pada penanam modal.

“Dari berbagai kemudahan sehingga menciptakan masuknya investor akan berujung pada trickle down effect yang masif.

Jadi kita memang harus menciptakan iklim investasi yang baik untuk pembangunan daerah,” lanjut Ansar.

Ke depannya Ansar akan terus melanjutkan pembangunan di Kepri sesuai dengan visi dan misi yang telah disusunnya bersama Wagub Hj Marlin Agustina.

Kemampuan dan potensi Kepri sebagai daerah maritim akan dijadikan Ansar untuk menjadikan Kepri sebagai beranda Indonesia yang unggul dan berdaya saing. (sig)

Loading...