Kerja Sama Dilanjutkan, Unsoed Mentor Kemajuan Perkembangan UMRAH

Loading...

Suarasiber.com – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang dan Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) Purwokerto melanjutkan keeja sama program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Berkas kerja sama ditandatangani Rektor UMRAH, Prof Dr Agung Dhamar Syakti dan Rektor Unsoed Prof Dr Ir Suwarno MS, Selasa, (9/11/2021).

Agung Dhamar mengatakan jika kerja sama yang ditandatangani ini akan terus dikembangkan. Unsoed menjadi mentor kemajuan dalam perkembangan UMRAH.

“Semoga kerja sama ini dapat menghasilkan publikasi riset bersama yang dapat membantu pengembangan daerah terluar dan terdepan di Provinsi Kepri,” kata Agung memberikan sambutan.

Selain Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kerja sama juga pada bidang pengembangan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat; Pengembangan Laboratorium; Penyediaan Bantuan Tenaga Ahli pada kegiatan Bimbingan Teknis, Lokakarya, atau Seminar.

Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Penjaminan Mutu (LP3M) kedua belah pihak juga melakukan kerja sama. Kerja sama ini menitikberatkan bidang pengembangan Pembelajaran, Penjaminan Mutu dan Kolaborasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan sumberdaya yang dimiliki masing-masing kampus.

“Pada bidang yang lebih spesifik kami juga bekerja sama. Yaitu KKN< reviewer internal, kolaborasi riset dan studi; publikasi; hak kekayaan intelektual, inonasi teknologi dan sebagainya,” tambah Agung Dhamar.

Dikatakan oleh Rektor Unsoed, dengan diberlakukannya MBKM maka sinergi antarkampus menjadi satu hal penting. Apalagi transformasi pendidikan tinggi saat ini menekankan pentingnya kolaborasi antara pemangku kepentingan dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

“Hal itu akan memperkuat implementasi program MBKM sesuai dengan karakter dan keunggulan di masing-masing perguruan tinggi,” ujarnya.

Cara Unsoed menggunakan bangunan modular untuk berbagai keperluan juga menjadi perhatian UMRAH. Penandatanganan kerja sama ini berlangsung di Kampus Unsoed, Purwokerto. (eko)

Editor: Yusfreyendi

Loading...