Bawaslu Libatkan Pemuda dan Mahasiswa jadi Influencer Sukseskan Pemilu 2024

Loading...

Suarasiber.com – Bawaslu Kota Tanjungpinang intensif mengadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi sekaligus membuat MoU (Memorandum of Understanding) dalam pengawasan partisipatif.

Bawaslu pun menggandeng sejumlah Organisasi Kemasyarakat Pemuda (OKP) dan Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) se-Kota Tanjungpinang. Mereka diharapkan menjadi influencer kepada lingkungannya serta masyarakat agar Pemilu 2024 sukses.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini MKom I menjelaskan, selama ini pihaknya intens bersilaturahmi, sharing, pendidikan politik melalui sosialisasi edukasi, serta MoU kerjasama dalam pengawasan partisipatif.

“MoU ini tindaklanjut dari kunjungan Bawaslu ke sejumlah organisasi beberapa waktu lalu,” terang Zaini kepada suarasiber usai Sosialisasi Edukasi dan MOU dengan sejumlah OKP, Jumat (26/11/2021).

Zaini menuturkan kegiatan sosialisasi edukasi dan penandatangan MOU dilakukan dalam dua tahapan.

Pertama, bersama 7 OKP, antara lain KNPI, GP Ansor NU, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Pancasila, Karang Taruna, PERPAT, dan GPII, dilaksanakan di Cafe Stanley’s Kecamatan Tanjungpinang Barat, Jumat (26/11)

Kedua, bersama 7 Ormawa, yaitu HMI, PMII, GMNI, KAMMI, GMKI, HIMA PERSIS, dan IMM, dilaksanakan sehari sebelumnya di Aula Pertemuan Bilal Abu Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kamis (25/11).

Selain itu, Bawaslu juga turun langsung ke masyarakat, seperti di Pulau Penyengat, Senggarang, Madong, Seicarang, Dompak dan Air Raja.

Anggota Bawaslu Kota Tanjungpinang Novira Damayanti SE yang hadir pada kesempatan ini menjelaskan tujuan sosialisasi.

“Guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu. Agar terwujud pemilih cerdas, serta turut mengawal pesta demokrasi yang berkualitas,” ujarnya.

Program-program Bawasku, diantaranya Pojok Pengawasan Bawaslu atau pengembangan seperti program SKPP (Sekolah Kader Pengawas Partisipatif), yang telah melahirkan KPP (Komunitas Pengawas Partisipatif) akan bermuara sebagai pendidikan politik guna menciptakan pemilih yang cerdas.

Demikian juga Anggota Bawaslu Kota Tanjungpinang lainnya, Maryamah, MPd I, mengajak pemuda dan mahasiswa mengawasi dan melaporkan berbagai potensi dugaan pelanggaran yang dapat mencederai kualitas demokrasi.

“Apalagi tantangan pesta demokrasi 2024 ke depan sangat kompleks, sejarah pertama Indonesia dalam tahun yang sama Pemilu dan Pilkada serentak. Sekitar bulan Februari, dalam satu hari pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, sekaligus Pemilihan Legislatif DPRD Kota, Provinsi dan RI dan DPD RI, lalu disusul bulan november Pemilihan Kepala Daerah Wali Kota dan Gubernur,” tuturnya.

Ditanggapi Positif.

Salah satu peserta kegiatan adalah Sekretaris KNPI, Beni yang memandang upaya Bawaslu adalah hal positif.

“KNPI mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bawaslu, kami siap mendukung dan kerjasama dengan Bawaslu dalam upaya mengawal pesta demokrasi”, tutur Beni

Demikian juga Ramadhan selaku Sekretaris GP Ansor NU mendukung penuh kerja sama ini. Juga Ketua Pemuda Pancasila, Heriawan yang segera menyiapkan kader.

“Kami akan siapkan kader untuk diberikan edukasi pengawasan partisipatif dan bersama Bawaslu mengawal Pemilu ke depan,” tuturnya. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...