Software Autogate Pelabuhan Batuampar Diinstal, Akhir Bulan Berfungsi

Loading...

Suarasiber.com – Pembangunan autogate Pelabuhan Batuampar, KOta Batam, Kepri sudah 70 persen rampung.

Wali Kota sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, yang meninjau lokasinya, Selasa (12/10/2021) mengatakan akhir minggu bahkan sudah instal software-nya/

“Semoga akhir bulan sudah berfungsi dengan baik,” ujar Rudi.

Jika sudah siap dioperasikan, sistem autogate akan meminimalisir antrean panjang. Selain itu, keluar dan masuk barang tidak perlu lagi tatap muka dengan petugas Bea Cukai di gate dan dapat dilakukan 24 jam.

“Kalau autogate ini selesai, maka BLE (Batam Logistic Ecosystem) bisa fungsikan dengan sempurna,” ujarnya.

Autogate Pelabuhan Batuampar bukan satu-satunya proyek, setelahnya akan terus dikebut di bagian dalam pelabuhan hingga bagian luar pelabuhan yang berada di Kecamatan Batuampar tersebut.

Presiden RI Joko Widodo memang menghendak Pelabuhan Batuampar harus segara diselesaikan dengan status pelabuhan bertaraf internasional.

Rudi bercita-cita pelabuhan bongkar muat Batuampar memiliki pengelolaan yang baik di Indonesia.

Sesuai rencana jangka pendek, tahun 2021 sampai dengan 2025 pelabuhan ini ditargetkan mampu melayani volume arus peti kemas domestik dengan kapasitas 1,6 juta TEUs.

Hal ini mengalami peningkatan karena sebelumnya pada tahun 2020 hanya melayani 445 ribu TEUs per tahun.

Sedangkan untuk jangka menengah tahun 2026 sampai dengan 2030 menargetkan dapat melayani 4,7 juta TEUs Kontainer untuk domestik dan international import pertahun dengan nilai investasi lebih kurang Rp8,56 trilliun.

Kemudian untuk jangka panjang pada tahun 2031 sampai dengan 2040 kapasitas angkut mencapai 6,7 juta TEUs pertahun untuk kargo domestik, international dan sebagian selat Malaka pada tahun 2035.

Dengan begitu, Batuampar akan mencapai kapasitas maksimum dan akan dikembangkan di terminal Container Kabil dengan nilai investasi lebih kurang Rp 7,66 Trilliun. (man)

Loading...