RSUD Bintan Layani Tubektomi Gratis 21 Oktober – 6 November 2021.

Loading...

Suarasiber.com – Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan meninjau pelaksanaan Keluarga Berencana (KB) dengan Metode Operasi Wanita (MOW).

Kunjungan ini dilaksanakan Sabtu (23/10/2021) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bintan.

Roby mengapresiasi kinerja Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Bintan beserta jajaran atas terlaksananya kegiatan tersebut.

“Ini tentu sangat luar biasa, bagaimana pemerintah berusaha untuk meningkatkan pelayanan KB kepada masyarakat,” katanya.

Metode Operasi Wanita (MOW) dalam istilah medisnya disebut dengan tubektomi. Yaitu metode kontrasepsi yang bersifat sukarela bagi seorang wanita.

Biasanya, tindakan ini dipilih oleh wanita yang sudah memiliki lebih dari tiga anak, berusia di atas 30 tahun, atau tidak menginginkan keturunan lagi. Sterilisasi ini juga kerap menjadi pilihan bagi wanita yang kehamilannya berisiko tinggi.

Kepala BP3KB Bintan, Mardiah menuturkan pelayanan KB gratis MOW ini dilaksanakan di RSUD Bintan mulai dari tanggal 21 Oktober hingga 6 November tahun 2021.
Sebelum dilakukan tindakan KB MOW, seorang pasien sudah melewati dua kali skiring atau pemeriksaan awal.

Pertama skrining di Puskesmas terdekat lalu skrining kedua di lakukan di RSUD Bintan serta melakukan tes Rapid Antigen.

“Jumlah peserta akseptor mencapai 60 orang se Kabupaten Bintan dengan akseptor terbanyak dari Kecamatan Teluksebong sebanyak 20 orang,” ujarnya. (man)

Loading...