Mahasiswa UMRAH Juara Harapan Satu Nasional KKCTBN 2021 di Malang

Loading...

Suarasiber.com – Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang menorehkan prestasi.

Tim Senggarang Robotik Club (SRC) Fakultas Teknik UMRAH dinobatkan sebagai Juara Harapan Satu Nasional divisi Lomba Pembuatan dan Performa Prototype ASSV pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KCTBN) Tahun 2021.

Babak Final KCTBN 2021 ini digelar oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbud Ristek di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Lomba diselenggarakan dari 20 hingga 23 Oktober 2021, dengan tema Inovasi Kemaritiman melalui Teknologi Digital untuk mendukung pertahanan dan Keamanan Nasional.

Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti dan Rektor Periode sebelumnya Prof. Syafsir Akhlus datang langsung ke Malang untuk memberikan semangat.

Selain keduanya, ada juga Dekan Fakultas Teknik, Sapta Nugraha, Kepala LPPPM UMRAH Henky Irawan, dan Kepala BAKK UMRAH yang menyaksikan langsung bagaimana Tim SRC berlomba.

Ketua Senggarang Robotic Club (SRC), Rahmatul Fajri menjelaskan, kapal rakitan yang diberi nama KSRI Aumous UMRAH 501 berlomba di dua kategori pada babak final.

Yakni kategori Lomba Desain Inovasi Kapal Selam Permukaan Autonomous dan Lomba Pembuatan dan Performa Prototype Kapal Selam ASSV.

Pada kategori pertama Tim SRC FT menampilkan performa inovasi yang disematkan pada Aumous sebagai penjaga di bawah permukaan air. Kapal ini mampu mengarungi seluruh perairan Indonesia.

Sementara pada kategori kedua, misinya ialah menghancurkan pertahanan kapal permukaan dengan torpedonya.

“KSRI Aumous UMRAH 501 didesain hingga kecepatan 20 knot dalam pengejaran tanpa terdeteksi musuh,” tutur Fajri.

Aumous mampu meluncurkan torpedo dengan jumlah banyak hingga radius 5 km2 yang membuatnya menjadi kapal yang mematikan dalam penyergapan.

“Aumous lahir dari kerja keras, riset, serta dukungan keluarga SRC FT dibawah bimbingan dosen dan dukungan universitas,” tutupnya, seperti dilihat dari laman resmi UMRAH. (man)

Loading...