Konsul Amerika Serikat Tertarik Pelajari Budaya Melayu di Kepri

Loading...

Suarasiber.com – Konsul Amerika Serikat di Indonesia untuk wilayah Sumatera Gordon S. Church, menyatakan ketertarikannya dengan budaya Melayu dan disebutnya sangat bagus dipelajari.

Hal itu disampaikan Gordon, saat menemui Gubernur Kepri H Ansar Ahmad SE MM di Kantor Gubkepri di Dompak, Selasa (5/10/2021).

Kepri, adalah provinsi pertama yang dikunjungi Gordon sejak mulai menjabat konsul Amerika untuk Sumatra yang berkedukan di Medan, Sumut.

Sebelum datang, Gordon bertemu Ansar via zoom meeting terkait promosi wisata Kepri. Yang ditanggapi serius oleh Gordon.

Saat itu, Ansar secara lisan mengundang Gordon datang. Dan, dia pun langsung mempelajari segala informasi terkait Kepri berikut dengan adat budayanya.

“Di sini sangat bagus, masyarakatnya ramah. Semua kantor menghadap ke arah laut indah sekali. Dan, budaya Melayu di Kepri juga sangat bagus untuk dipelajari,” kata Gordon.

Akhir tahun ini, Gordon berencana berkunjung lagi ke Kepri bersama istri dan anak-anaknya.

Dia akan mengenalkan banyak informasi tentang Kepri. Baik tentang budaya, bahasa, adat istiadat dan hal-hal lain yang bisa dijadikan informasi edukasi.

Selanjutnya bersama keluarganya, Gordon akan mengenalkan Kepri kepada orang-orang terdekatnya yang berada di Amerika Serikat.

Ansar menyambut baik kedatangan Gordon dan mengatakan, “Inilah Kepri, sebagian besar wilayah kita adalah lautan.

Potensi industri pariwisata dan manufaktur disini masih terbuka lebar. Bahkan Amerika sudah berinvestasi di bidang manufaktur di Batam.

Saya sarankan, selama di Kepri coba kulinernya dan datang ke Pulau Penyengat. Sebagai tempat wisata religi dan budaya yang ada di Tanjungpinang.”

Usai bertemu Ansar, Gordon pun langsung berkunjung ke Pulau Penyengat. Dan, sedikit belajar tentang budaya Melayu yang ada  hingga ke balai adat. (mat)

Loading...