Elektabilitas Ganjar Meroket, Sama Kuat dengan Prabowo

Loading...

Suarasiber.com – Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo naik sehingga sejajar dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Hal tersebut berdasarkan survei calon presiden 2024 yang dirilis Litbang Kompas. Survei dilaksanakan 26 September-9 Oktober 2021 melibatkan 1.200 reponden yang dililih acaj.

Litbang Kompas menerapkan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia. Tingkat kepercayaan survei ini 95% dengan margin of error plus-minus 2,8%.

Dari hasil jawaban responden, Ganjar dan Prabowo memiliki elektabilitas 13,9 persen. Dari semua nama calon presiden yang dicantumkan, hanya Ganjar yang meningkat elektabilitasnya.’

Sementara itu nama calon presiden pilihan responden survei Litbang Kompas yang ada di bawah Ganjar dan Prabowo ialah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selanjutnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Parekraf Sandiaga Uno, dan eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Bagaimana dengan nama Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono? Elektabilitasnya ada di angka 1,9 persen. Dan Ketua DPR RI Puan Maharani dengan elektabilitas di bawah 1 persen.

Berikut hasil survei Litbang Kompas seperti rilisnya ke media:

  1. Prabowo Subianto: 13,9 persen
  2. Ganjar Pranowo: 13,9 persen
  3. Anies Baswedan: 9,6 persen
  4. Ridwan Kamil: 5,1 persen
  5. Tri Rismaharini: 4,9 persen
  6. Sandiaga Uno: 4,6 persen
  7. Basuki Tjahaja Purnama: 4,5 persen
  8. Agus Harimurti Yudhoyono: 1,9 persen
  9. Mahfud Md: 1,2 persen
  10. Gatot Nurmantyo: 1,1 persen

Ada 2,1 persen yang menjawab lainnya sementara yang tidak bersedia menjawab atau rahasia sebanyak 37,2 persen. (man)

Loading...