Batam Satu-satunya Nomine Penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana dari Kepri

Loading...

Suarasiber.com – Kota Batam menjadi pemda yang dicalonkan (nomine) penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid mengatakan Kota Batam merupakan satu-satunya kabupaten/kota di Kepri yang diundang untuk mengikuti tahapan penjaringan anugerah Tangguh Adhiwirasana.

Menurut Jefridin, Jumat (22/10/2021), Kota Batam masuk kategori Wira Sandya Laksana. Pada hari itu Pemkot tengah menyiapkan semua data yang diminta nominator yakni Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Anugerah Tangguh Adhiwirasana merupakan penghargaan yang diberikan bagi insan dan lembaga yang berkontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19 dan penanggulangan bencana.

Penanganan itu dengan mengedepankan nilai humanisme dan nasioalise dengan mengusung tema Kolaborasi Indonesia Tangguh Bencana.

Sementara kategori Wira Sandya Laksana diberikan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota yang menunjukan kinerja unggul dalam upaya penanggulangan Covid-19 di daerah masing-masing.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batam, Azman mengatakan penghargaan dari BNPB tersebut memang hanya diberikan kepada daerah yang memiliki inovasi dalam penanggulangan bencana.

Ada 25 kota termasuk Batam dan 32 kabupaten serta 20 provinsi dari 530 daerah yang ada di Indonesia.

Keunggulan Batam salah satunya ialah penempatan isolasi pasien Covid-19 di Asrama Haji. Batam terpasuk daerah yang pertama mencetuskan ide tersebut. Kemudian pembagian bantuan sembako, tidak hanya bersumber dari APBD namun juga swasta.

“Hal-hal tersebut juga menjadi salah satu penilaian,” kata Azman. (man)

Loading...