Bali dan Kepri Dibuka untuk Pariwisata, Ansar: Batam Bintan Siap Terima Wisman

Loading...

Suarasiber.com – H Ansar Ahmad SE MM, mengatakan Kepri sudah sangat siap menerima turis mancanegara, terutama untuk di Bintan Resort.

Karena simulasi pembahasan travel buble sudah sangat baik dan sudah diketahui oleh pihak pemerintah Singapura.

Untuk kegiatan vaksinasi, Bintan Resort sudah melaksanakan untuk seluruh karyawanya.  Termasuk masyarakat yang berada disekitar Lagoi, meskipun radiusnya berjauhan.

“Yang benar-benar isolated itu adalah Bintan Resort. Nah, saya kira kalau nanti disetujui ketika ini menjadi pilot projek dan sukses.

Maka mungkin beberapa waktu kemudian kita juga membuka Nongsa Sensation,” kata Ansar dalam rapat virtual dengan Menhub RI, Sabtu (9/10/2021).

Rapat digelar terkait pembahasan klasifikasi dan klarifikasi kedatangan Penumpang Warga Negara Asing (WNA) di Kepulauan Riau.

Sebagaimana diketahui pemerintah pusat tengah membahas dibukanya Bali dan Kepri untuk wisman.

Untul itu tengah disusun strategi dengan cara menjaring inspirasi, rekomendasi dari para stakholdernya. Sebagai bentuk persiapan dibukanya Bali dan Kepri.

Salah satunya adalah dengan cara menggelar rapat secara intens bersama pihak Pemprov Bali maupun Pemprov Kepri. Rapat dipimpin Menhub Budi Karya Sumadi.

Rapat ini dihadiri Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad, didampingi Kadishub Junaidi, Kadis Kesehatan M. Bisri, Karo Pemerintahan yang juga Kepala Sekretariat Satgas Covid-19 M. Darwin dan Wakasatgas Covid-19 Tjeptjep Yudiana.

Bintan Resort Memprihatinkan  

Untuk kegiatan vaksinasi, Bintan Resort sudah melaksanakan untuk seluruh karyawanya.  Termasuk masyarakat yang berada disekitar Lagoi, meskipun radiusnya berjauhan.

Ansar menambahkan khusus untuk kota Batam, kondisi pariwisatanya mulai menggeliat. Baik, perhotelan, resort atau lapangan golf. Karena banyak turis domestik yang berkunjung.

“Bintan Resort kondisinya sangat memprihatinkan. Sehingga ini perlu menjadi perhatian bagi kita semua,” ujar Ansar.

Di samping itu, Ansar juga berharap ke Menhub terkait Bandara di Batam dan Tanjungpinang juga ditentukan dalam rakor tersebut jika ini akan dibuka dan dijadikan pilot projek.

“Terkait Hang Nadim dan RHF, Kami akan melanjutkan komunikasi dan berkoordinasi kepada pihak luar atau ke negara lain yang sudah kita persiapkan baik itu Taiwan maupun beberapa wilayah Provinsi di Cina,” ucap Ansar.

Menhub: Wisman Diisolasi

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumedi, mengatakan terkait pilot project dibukanya kunjungan wisatawan mancanegara ditetapkan sebagai rekomendasi Kementerian Luar Negeri.

“Untuk Bintan Resort saya pikir kita sepakat, bahwasanya Singapura berkenan atau tidak nantinya Dubes RI untuk Singapura-lah untuk melakukan pembicaraan,” jelasnya.

Tentang kunjungan turis ke Tanjungpinang dan Batam, Menhub menambahkan bahwa wisman itu diisolasi mandiri di suatu tempat atau sebuah hotel diperkenankan.

“Saya pikir Tanjungpinang dan Batam analog dengan Bali, mustinya diperkenankan. Jadi rekomendasi ini tolong dilaporkan ke Bapak Menko Marves,” imbuh Budi Karya. (mat)

Loading...