Ansar Paparkan Dapur Pacu Baru Ekonomi Kepri kepada DPR RI

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepri hampir selalu membicarakan perkembangan Jembatan Batam – Bintan saat bertemu pejabat pusat yang terkait.

Saat menerima kunjungan anggota Komisi V DPR RI yang agenda utamanya pembahasan proyek Strategis Batam-Bintan dan optimalisasi infrastruktur pembangunan jalan dan jembatan nasional, Gubernur tampak sangat bersemangat.

”Pertemuan ini sangat penting karena ada berbagai usulan strategis yang dikomunikasikan kepada pemerintah pusat,” ujar Ansar di Hotel Best Western Panbil, Batam, Senin (4/10/2021) petang.

Kepada tamunya, Ansar menyampaikan pentingnya pembangunan Jembatan Batam Bintan. Baik dalam hal konektivitas, pertumbuhan industri, pariwisata, logistik dan lainnya.

Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae menegaskan bahwa mendukung penuh upaya Pemprov Kepri untuk menyukseskan proyek Jembatan Batam Bintan. Ridwan seakan mempertegas pendapat salah seorang anggotanya yang ingin pembangunan Jembatan Babin itu dipercepat dan selesai sebelum 2024.

Tim Pembangunan Batam Bintan dari Kementerian PUPR, Reni menyampaikan bahwa proyek pembangunan Jembatan Batam Bintan telah sesuai dengan Perda dan Rencana Tata Ruang dan Wilayah, serta telah dilakukan upaya penyiapan berupa pembebasan lahan dan sosialisasi sesuai AMDAL.

Reni juga menyampaikan bahwa selain KPBU, Pemerintah melalui APBN mengalokasikan dana sebera Rp3,34 triliun untuk jalan dan pembangunan jembatan dari Batam ke Pulau Tanjungsauh. Sisanya melaui KPBU sekitar Rp9,78 triliun.

Pada kesempatan itu, Gubernur Ansar juga memaparkan beberapa usulan yang perlu direalisasikan.

Di antaranya pembangunan Sistem Pengelolan Air Minum di Bintan, Penataan Kawasan Wisata Pulau Penyengat Kota Tanjungpinang, serta Pengembangan Bandara Raja Haji Abdullah, Pelabuhan Malarko, dan Jalan Nasional Kundur di Karimun.

Lalu ada juga Pengembangan Bendungan Jelutung di Lingga, Jalan Nasional, Pelabuhan Samudera Telukbuton, dan PLBN Serasan di Natuna.

Sementara di Anambas diperlukan Pengembangan Bandara Letung, dan Jalan Nasional. Lainnya seperti Galang Batang, Batam Aero Technic dan Nongsa Digital Park. (man)

Loading...