Alhamdulillah, 9 Desa dan 2 Dusun di Kepri Ini Akhirnya Bisa Menikmati Listrik PLN

Loading...

Suarasiber.com – Program Kepri Terang terus digesa oleh Pemprov Kepri. Diharapkan akhir tahun ini seluruh desa di provinsi ini teraliri listrik PLN.

Dari 15 desa yang diharapkan benderang pada akhir 2021, saat ini sudah terealisasi 9 desa dan 2 dusun yang baru menikmati listrik.

Desa desa dan dusun tersebut ialah Desa Semembang, Desa Degong, Desa Selat Mie, Desa Sanglar dan Desa Ngal di Kabupaten Tanujngbalai Karimun.

Berikutnya di Kabupaten Anambas ada Desa Sunggak, Desa Air Putih dan Desa Lingai. Kemudian ada Desa Busun Panjang di Kabupaten Lingga dan Dusun Binjai dan Dusun II Harapan Jaya  di Kabupaten Natuna.

Kepada wartawan, Kamis (28/10/2021) Gubernur Kepri Ansar Ahmad menjelaskan dalam pelaksanaan program Kepri terang ini, ternyata justru permasalahn muncul setelah jaringan PLN masuk ke desa-desa.

Ternyata masyarakat yang menyambungakan meteran listrik ke rumah sangat sedikit.

“Dikarenakan ketidakmampuan masyarakat desa atas besarnya beban biaya pemasangan yang ditetapkan oleh PLN, baik untuk pemasangan meteran dan instalasi,” terangnya.

Standard pemasangan instalasi di rumah-rumah biasanya 4 titik lampu dan 3 stop kontak. Harganya 900 ribu. Namun hal ini juga disesuaikan dengan harga di daerah dan kabel yang digunakan.

Terkendala minimnya APBD untuk hal itu, maka Pemprov Kepri mengajak perusahaan yang ada di bawah koordinasi dinas ESDM.

Mereka diminta membantu melalui CSR-nya dan sejumlah perusahaan menyanggupinya. (man)

Loading...