262 UMKM Kepri Bersertifikat Halal Tahun Ini

Loading...

Suarasiber.com – Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kanwil Kemenag Kepri Edi Batara menghadiri kegiatan Pelatihan Pendampingan UMKM di Wisma Kementerian Agama Batam, Jumat (29/10/2021).

Kegiatan ini terselenggara atas inisiatif Gerakan Pemuda Ansor Wilayah Kepulauan Riau.

Disampaikan Edi, sudah 2 tahun pemerintah memfasilitasi secara gratis bagi UMKM yang ingin memperoleh label halal melalui Satgas Halal Kanwil Kementerian Agama.

“Kami sudah membantu 400 UMKM dalam 2 tahun ini. Insya Allah 262 UMKM dari Kepulauan Riau kita usahakan dalam proses tahun ini bisa selesai sertifikat halalnya,” kata Edi.

Disebutkannya juga, Menteri Agama Gus Yaqut pada bulan September lalu meluncurkan program Sehati (Sertifikasi Halal Gratis).

Sistem yang pertama masuk di proses atau dilayani dalam kurung first in first serve. Ada kuota 3.200 bagi UMKM di seluruh Indonesia, termasuk dari Kepri.

Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina membuka pelatihan. Hadir juga Wakil Ketua Bidang Ekonomi Pimpinan Pusat Ansor Addin Jauharuddin.

Ketua GP Ansor Wilayah Kepulauan Riau, Rahmad Budi Harto mengatakan ini bentuk kepedulian untuk membangkitkan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Kepada dunia perbankan, Rahmad berharap dapat mempermudah administrasi yang tidak terlalu prinsip dalam proses peminjaman dana bagi UMKM.

Sementara Wagub Marlin mengakui bagaimana sulitnya mengembangkan UMKM di Batam dalam 2 tahun belakangan. Ia mengisahkan tentang UMKM batik yang dibina Dekranasda Kota Batam dan berkembang.

Marlin berharap UMKM di bawah binaan Ormas GP Ansor juga bisa maju dan berkembang dengan memanfaatkan teknologi. (man)

Loading...