Ulat Maggot Antar Posyantek Telukbakau, Bintan, Juara III TTG Nasional

Loading...

Suarasiber.com – Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Bina Desa Sejahtera, Desa Telukbakau, Bintan, Kepri menjadi juara III Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) XXII tingkat Nasional tahun 2021.

Posyantek ini berada di bawah Posyantek Jawa Barat dan Jawa Tengah. Prestasi ini dianggap sebagai salah satu hadiah di Hari Ulang Tahun ke-10 Provinsi Kepri.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Dukcapil Kepri Sardison,M.TP mengatakan sebenarnya Kepri mengirimkan 3 wakilnya ke TTG kali ini. Namun hanya dua yang masuk 10 besar.

Selain Posyantek Desa Telukbakau, yang juga masuk 10 besar ialah Posyantek dari Kabupaten Natuna. Juri memilih Posyantek Desa Telukbakau sebagai tiga besar lantaran dianggap berhasil mengembangkan ulat maggot.

Atas prestasi tersebut, kata Sardison, Gubernur Kepri Ansar Ahmad akan memberikan penghargaan kepada Posyantek Telukbakau.

“Penghargaan tingkat nasional ini juga sebagai hadiah untuk hari jadi Provinsi Kepri ke-19. Insya Allah pada upacara peringatan hari jadi nanti, Bapak Gubernur akan memberikan penghargaan kepada Posyantek dari Telukbakau ini,” terangnya.

Terakhir, Sardison berharap prestasi ini juga menjadi motivasi tersendiri bagi seluruh masyarakat Kepri, terutama dalam hal mengembangkan bakat kreasi dan inovasi di bidang teknologi.

“Kita semua punya potensi yang harus digali. Maka dari itu, kita berharap prestasi di ajang TTG ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua. Terus tingkatkan kreativitas dan inovasi,” pesan Sardison.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Roni Kartika mengatakan, Posyentek Telukbakau dipandang sukses merangkul beberapa pihak, hingga akhirnya menghasilkan produk ulat maggot.

Ulat ini bisa menjadi pakan alternatif untuk ikan dan ternak serta bisa difunfsikan sebagai pupuk organik untuk pertanian.

Diharapkan kedepan, Posyantek Bina Desa Sejahtera ini dapat berkembang. Apalagi ulat maggot ini banyak dicari para petani, karena tingginya protein sebagai pakan ternak.

TTG Nasional XXII tahun 2021 ini merupakan program Kemendes PDTT. Tahap final berlangsung, Senin 20 September 2021, di Gedung Makarti Jalan TMP Kalibata No.17 Jakarta Selatan.

Penghargaan untuk para juara diserahkan Kemendes PDTT Halim Iskandar. Mewakili Kepri sebagai penerima penghargaan ialah Sardison didampingi Roni Kartika. (man)

Loading...