free page hit counter

Rahma – Endang Lanjutkan Pembangunan, dari Jalan hingga Air Bersih

Loading...

Suarasiber.com – Tiga tahun pembangunan di Tanjungpinang, baik pada masa Syahrul – Rahma dan dilanjutkan Rahma – Endang bersama kebinetnya telah menghasilkan capaian keberhasilan untuk kemajuan Kota Tanjungpinang.

Dengan tetap menjalankan visi “Tanjungpinang Sebagai Kota Yang Maju, Berbudaya, dan Sejahtera Dalam Harmoni Kebhinekaan Masyarakat Madani”, Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP bersama Wakil Wali Kota Endang Abdullah SKp MSi, sisa masa jabatan 2018-2023 melanjutkan visi kepemimpinan pasangan Syahrul – Rahma.

Tantangan terbesar Rahma-Endang memimpin di tengah situasi Pandemi covid-19 yang melanda hampir di seluruh dunia termasuk Tanjungpinang.

Dampak pandemi dirasakan pada segala sektor, baik dari segi ekonomi, pembangunan, pariwisata, juga pendidikan. Tetapi Rahma-Endang terus bekerja, berinovasi, dan berbuat maksimal untuk kesejahteraan masyarakat Tanjungpinang dengan tetap fokus pada percepatan penanganan covid-19.

“Meski demikian, program prioritas untuk kepentingan masyarakat banyak secara bertahap dijalankan walaupun dengan keterbatasan anggaran yang dikarenakan Pemerintah Daerah harus merelokasi atau mengalihkan anggaran untuk penanganan covid-19 di Kota Tanjungpinang”, jelas Rahma.

Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, banyak pembangunan fisik yang sudah dikerjakan.

Jalan

Kampung Haji kini sudah diaspal. Di tahun 2021 telah dilaksanakan pembangunan jalan di Kampung Haji sepanjang 771 meter, dan Kampung Sidomulyo Jalan Suka Maju sepanjang 957 meter.

Di Kelurahan Batu IX yang sejak 2017 belum mendapat perhatian pemerintah, sekarang sudah dibangun jalan dan berlampu.

Selain itu juga dilaksanakan pembangunan jalan di Kampung Air Bukit, Jalan Wonoyoso, Kampung Sei Carang (lanjutan), serta jalan Lingkar Tanjung Sebaok.

Sementara itu, terhitung sejak tahun 2018 sampai 2020 telah terbangun jalan sepanjang 40,8 kilometer. Pada 2018 pembangunan sepanjang 32,8 kilometer terealisasi di lokasi Tanah Gatra, Sei Jari, Rawasari, jalan belakang kantor Bupati, Air Ratu, dan Lembah Merpati.

Tahun 2019, pembangunan jalan sepanjang 5,5 kilometer telah terealisasi di lokasi simpang Korem 033, Tanjung Lanjut, dan Sei Jari Batu Naga.

Dan tahun 2020 terealisasi pembangunan jalan sepanjang 2,5 kilometer di wilayah Kepondang dan Kampung Tengah.

Selain itu, sejak 2018 – 2020 telah terealisasi pembangunan jalan paving/seminisasi sepanjang 7,870 kilometer di sejumlah wilayah di Kota Tanjungpinang, dan tahun 2021, dengan realisasi sementara sepanjang 0,838 kilometer.

Drainase

Pembangunan, pemeliharaan dan normalisasi penanganan titik banjir telah ditangani titik genangan air yang berkurang mencapai 7,4% pada 2020 dari 138% titik banjir pada tahun 2018.

Pembangunan hingga normalisasi saluran drainase (swakelola) yang telah dilaksanakan di wilayah Kota Tanjungpinang dalam kurun waktu 2018-2021 dirasakan manfaatnya hingga kini.

Sebutlah misalnya drainase di Jalan Serai, Lembah Asri, Kawasan Perum. Griya Permata Kharisma, Jalan Pemuda, DI Panjaitan Batu 7 (depan SPBU), Jalan Daeng Kemboja Senggarang (Simpang Pegadaian), kawasan Bhayangkara Teluk Keriting, Perum Bandara Asri, Cendrawasih, Sri Andana, Kawasan Mekar Sari, Jalan Bandara Ganet, Kawasan Kota Lama (Jl.Merdeka-Jl.Bintan-Jl.Pos), Kawasan Sido Makmur, Jalan Puskesmas, serta Jalan Cendrawasih.

Juga dilakukan rehabilitasi saluran drainase, gorong-gorong dan pembuatan tutup parit pada sejumlah wilayah Tanjungpinang.

Air Bersih

Tidak hanya itu, sepanjang 2018 hingga 2021 Dinas PUPR juga telah merealisasikan pelayanan dasar terhadap pemenuhan air bersih bagi masyarakat Kota Tanjungpinang melalui kegiatan Pembangunan Jaringan Air Bersih /Air Minum.

Telah terealisasi pembangunan Jaringan Pipa SR (sambungan rumah) untuk 235 Kepala Keluarga berlokasi di Kelurahan Sei Jang dan Kelurahan Pinang Kencana.

Pada 2019 telah terealisasi sebanyak 187 SR di Kawasan Senggarang Besar dan Jalan Akasia Kelurahan Tanjungpinang Timur. Di tahun 2020 terealisasi pembangunan jaringan pipa 1 unit (Pkt) di lokasi Quran Center.

Dan pada tahun 2021, pembangunan jaringan pipa sebanyak 100 SR di lokasi Pulau Penyengat, sementara di lokasi Kelurahan Melayu Kota Piring masih dalam progres pengerjaan.

Untuk SWRO Batu Hitam melalui dana APBN akan direncanakan pembangunan jaringan sekitar 500 SR yaitu rencana lokasi di Kelurahan Kampung Baru, Kelurahan Dompak, dan Kelurahan Tanjungpinang Barat.

Sanitasi

Pembangunan sanitasi juga tidak ditinggalkan, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), dari 2018 hingga 2020, telah teralisasi pembangunan Ipal Komunal untuk 951 Kepala Keluarga (KK) yang berlokasi di 4 Kecamatan di Kota Tanjungpinang.

Sedangkan 2021, pengerjaan pembangunan ipal komunal sedang dilaksanakan di lokasi Kelurahan Kampung Bugis dan Kelurahan Sei Jang.

Kantor dan Gedung

Untuk kegiatan pembangunan, di tahun 2019 telah terealisasi pembangunan Gedung pemerintahan yakni kantor Kelurahan Tanjungpinang Kota.

Dan pada 2021 ini akan dilaksanakan beberapa kegiatan rehabilitasi gedung kantor yakni rehab eks. Kantor Kelurahan Tanjungpinang Barat (PGRI) dengan progress fisik 25% dan Rehab eks. kantor DPRD (LAM) dengan progres fisik 26%.

Kemudian pembangunan gedung daerah yakni Quran Center masih terus dilakukan pembangunan secara bertahap sejak 2019, 2020, dan di 2021, karena adanya refocusing untuk penanganan covid-19 hanya terlaksana pembangunan untuk sarana dan prasarana Quran Center. (ztr)

Loading...