Hampir 53 Ribu Ibu Hamil di Kepri, 40 Ribuan Diantaranya Harus Divaksinasi

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menyebut jumlah ibu hamil di Kepri 52.829 orang. Dari jumlah itu, 70% nya atau sekitar 40 ribuan harus divaksinasi.

Karenanya dilaksanakan vaksinasi massal untuk ibu hamil dan menyusui sempena HUT ke-19 Provinsi Kepri. Kegiatan ini dipusatkan di Tanjungpinang da dilakukan oleh seluruh kabupaten kota se-Kepri, di RSUD RAT Tanjungpinang, secara siaran tapping, Sabtu (25/9/2021).

“Sasarannya ibu hamil dengan usia kehamilan 13 minggu atau cukup bulan,” jelas Ansar.

Gubernur menjelaskan, jumlah ibu hamil di Provinsi Kepri sebanyak 52.829 orang, dimana 75 persen dari jumlah tersebut harus  dilakukan vaksinasi. Sementara untuk data terbanyak ibu hamil ada di Batam sejumlah 37.342 orang, sedangkan Tanjungpinang 3.664 orang.

“Untuk itu, marilah kita bekerjasama dalam mendukung percepatan vaksinasi, guna tercapainya 5.000 ibu hamil yang divaksin pada bulan Oktober,” jelas Gubernur Ansar.

Diharapkan hal ini mempercepat Kepri memasuki zona PPKM yang lebih aman lagi. Jika saat ini berada di level III, maka diharapkan bisa segera di level II atau bahkan I.

Sementara itu, ketua POGI dr. Hari Kusuma Januarto mengucapkan dan mengapresiasi gerakan ini. Pihaknya mendukung upaya Pemerintah dalam meningkatkan pencakupan vaksinasi, dan karena hal ini sangat diketahui bersama ibu hamil adalah kelompok rentan yang harus dilindungi.

“Ini salah satunya tanggung jawab kita sebagai pelopor kesehatan reproduksi pada ibu hamil,” jelas dia.

Tampak hadir langsung Ketua TP PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Asisten I H. Juramdi Esram, Kedis Kesehatan M. Bisri, Kepala Perwakilan BKKBN Kepri Medi Heriyanto, Direktur RSUP Raja Ahmad Thabib Yusmaneli dan seluruh perwakilan Forkominda Provinsi.

Hadir secara virtual Kepala BKKBN RI dr. Hasto Wardoyo, Direktur Bina Ketahanan Remaja BKKBN Viktor Palimbong, beserta Perwakilan 7 Kabupaten Kota Se-Kepri dan serta organisasi IDI, IBI, PPNI, Asosiasi Klinik Indonesia, Persatuan Rumah Sakit Indonesia. (man)

Loading...