Roby Kurniawan Prioritaskan Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik

Loading...

Suarasiber.com – Wakil Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengatakan Pemkab Bintan memiliki sejumlah prioritas yang akan dicapai pada 2022. Salah satu yang disebutnya reformasi birokrasi dan pelayanan publik.

Menurut Roby, prioritas-prioritas itu tak lepas dari Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kabupaten Bintan Tahun 2022.

Secara lengkap, Roby menyebutkan prioritas-prioritas itu yakni:

  • Peningkatan kemandirian wilayah dalam pembangunan
  • Peningkatan kualitas SDM yang memiliki daya saing dan berkeadilan
  • Peningkatan kualitas infrastruktur dalam rangka mengurangi kesenjangan antar wilayah
  • Peningkatan kualitas perekonomian daerah dengan fokus pada pemulihan ekonomi pasca covid 19
  • Peningkatan reformasi birokrasi dan pelayanan publik

Hal tersebut juga sudah disampaikannya dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung DPRD Kabupaten Bintan, Rabu (18/8/2021) pagi.

Roby menambahkan, KUA PPAS disusun dengan mempertimbangkan hasil evaluasi capaian pembangunan serta perkembangan pembangunan yang diharapkan dapat dituntaskan pada tahun 2022.

Proyeksi rancangan kebijakan umum APBD dan prioritas dan plafon anggaran sementara Kabupaten Bintan tahun anggaran 2022 meliputi pendapatan daerah dengan manargetkan APBD Kabupaten Bintan Rp1,216 triliun.

Rinciannya Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp393,24 miliar lebih; dana perimbangan sebesar Rp800,12 miliar rupiah lebih; dan lain-lain pendapatan yang sah sebesar Rp23,51 miliar lebih.

Belanja daerah pada APBD 2022 juga ditargetkan sebesar Rp1,283 triliun. Kemudian dari komposisi pendapatan dan belanja, bahwa defisit tahun anggaran 2022 diperkirakan sebesar Rp66.550 miliar rupiah lebih.

Dengan catatan penerimaan dan pengeluaran pembiayaan tersebut, kemampuan pembiayaan netto sebesar Rp66.550 miliar rupiah lebih, sehingga secara struktur sisa lebih perhitungan anggaran tahun berkenaan sebesar nol rupiah.

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Bintan, Fiven Sumantri tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua II DPRD Bintan, Agus Hartanto, Sekda Kabupaten Bintan, Adi Prihantara, serta beberapa Kepala OPD Bintan terkait. (mat)

Loading...