Waduh, Puluhan Triliun Bansos Belum Dicairkan, Jokowi: Keluarkan, Rakyat Butuh Sekali

Loading...

Suarasiber.com – Pemerintah mengalokasikan puluhan triliun rupiah untuk program bantuan sosial (bansos) bagi rakyat di kala pandemi.

Sayangnya, baru sedikit dari jumlah tersebut yang sudah dicairkan. Presiden Jokowi pun meminta uang tersebut segera dicairkan.

Menurut Presiden Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (19/7/2021), pencairan bansos harus dipercepat.

Ia meminta para kepala daerah se-Indonesia yang mengikuti arahan pada hari itu, mempercepat bantuan sosial dan percepatan belanja daerah.

Presiden lalu menyebutkan, ada Rp 13,3 triliun anggaran UMKM untuk 514 kabupaten/kota dan provinsi, namun yang dipakai baru Rp2,3 triliun.

“Padahal kita sekarang ini butuh sekali. Rakyat butuh sekali. Rakyat menunggu, sehingga saya minta ini agar segera dikeluarkan,” perintah Presiden.

Selain itu masih ada anggaran Perlindungan Sosial (Perlinsos) sebesar Rp12,1 triliun yang baru dicairkan Rp2,3 triliun.

Kembali Jokowi menyebut rakyat sudah menunggu, karena yang dicairkan belum ada 20 persen. Berikutnya Presiden menyoroti dana BLT Rp 28 triliun, yang cair baru sedikit

Tak lupa disebut soal dana desa yang totalnya Rp 72 triliun, di mana Rp28 triliun diantaranya untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). Sayangnya yang cair baru Rp5,6 triliun atau kurang dari 25 persen.

Dengan kondisi tersebut, Presiden Jokowi meminta agar bantuan untuk masyarakat segera dicairkan. (man)

Loading...