PPKM Level 4, Boleh Makan di Warung Maksimal 20 Menit dan Nggak Pakai Ngobrol

Loading...

Suarasiber.com – PPKM kembali diperpanjang untuk wilayah yang kasus Covid-nya masih tinggi. Sejumlah aturan untuk warung makan di PPKM level 4 juga sudah dikeluarkan.

Pada PPKM level 4 yang akan berlangsung sampai 2 Agustus ini, warung di area terbuka boleh menerima pembeli yang makan di tempat. Namun tidak boleh lebih dari 20 menit dan ngobrol.

Hal ini disampaikan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam Konferensi Pers Evaluasi dan Penerapan PPKM, Minggu (25/7/2021).

Yang termasuk golongan warung makan ialah pedagang kaki lima, lapak jajanan dan tempat serupa. Namun jam operasional warungnya tetap dibatasi, hanya sampai pukul 20.00.

Luhut juga mengemukakan alasannya mengapa saat makan di warung tidak diperkenankan ngobrol. Karena saat makan pasti pembeli melepaskan maskernya, nah saat itulah rentan terjadinya risiko penularan Covid-19.

“Kami sarankan, selama makan karena waktu makan tidak pakai masker, jangan banyak berkomunikasi,” kata Menko Luhut.

Sementara warung yang berada di area terbuka PPKM Level 3 diberikan kelonggaran hingga 30 menit melayani pembeli yang makan di tempat.

Vaksin kembali diingatkan oleh Menteri Luhut agar tetap dilakukan. Ia mengatakan, hasil temuan di lapangan kematian yang meningkat akhir-akhir ini karena penyakit bawaan atau kormobid serta mereka yang belum divaksin. (man)

Loading...