Hasil Swiss Vs Spanyol: Matador Lolos lewat Adu Penalti untuk Mengalahkan 10 Pemain La Nati

Loading...

Suarasiber.com – Pertandingan antara Swiss vs Spanyol di babak 8 besar Euro 2020, Jumat (2/7/2021) berakhir dengan skor 1-1. Dan, untuk menentukan pemenang dilakukan adu penalti.

Spanyol menang adu penalti 3-1 dan lolos ke babak semifinal Euro 2020 dan akan menghadapi pemenang antara Belgia atau Italia.

Di awal laga Spanyol langsung berusaha menyerang Swiss. Tapi Swiss tampak percaya diri meladeni. Sehingga anak asuh Enrique kesulitan mendekati korak penalti Swiss.

Namun, Spanyol membuat gol ke gawang Swiss di menit ke-8. Berawal dari sepak pojok dan bola jatuh ke kaki Jordi Alba, yang langsung menembak dari luar kotak penalti.

Gol Bunuh Diri

Bola mengenai kaki Denis Zakaria, bek Swiss dan membuat kiper Swiss, Yann Sommer mati langkah. Dan, gol. Skor 1-0 untuk Spanyol.

Gol itu dicatat UEFA sebagai hasil bunuh diri Zakaria.

Spanyol semakin percaya diri dengan gol itu dan terus menekan Swiss. Hingga 15 menit pertama Swiss terus dalam tekanan La Furia Roja.

Breel Embolo, gelandang tangguh Swiss terpaksa ditarik keluar menit ke-23, karena hamstring. Dia digantikan oleh Ruben Vargas.

Permainan Swiss berubah menjadi lebih agresif menjelang babak I berakhir. Sehingga, Swiss mampu melepaskan 4 tembakan ke gawang Spanyol. Walau tak ada yang tepat sasaran.

Spanyol  sendiri hanya bisa melepaskan 3 tembakan ke gawang Swiss,  satu yang on target dan jadi gol.

Luis Enrique pelatih Spanyol mengganti penyerangnya, Sarabia dengan Dani Olmo di awal babak II. Olmo pemberi assist dua gol saat kontra Kroasia.

Olmo langsung membuktikan kapasitasnya saat memberi umpan matang di menit 50. Sayang, umpannya gagal dikonversi jadi gol.

Swiss Lebih Agresif

Swiss berbalik agresif di menit awal babak kedua dan terus menekan Spanyol yang banyak bertahan.

Enrique pun menarik keluar di menit 54 dan diganti, striker lainnya Gerard Moreno. Namun, Swiss tetap lebih agresif. Tapi serangannya selalu mentah.

Sampai akhirnya Xherdan Shaqiri berhasil membobol gawang Unai Simon menit ke-68.

Hingga 15 menit di awal babak II.

Berawal dari kekacauan dua bek Spanyol, Laporte dan Pau Torres bola jatuh ke kaki Freuler. Dan, langsung mengoper ke Shaqiri yang berdiri bebas.

Tanpa mengontrol bola, Shaqiri menembak ke sudut kanan gawang Simon. Bola sempat mengenai tiang sebelum masuk ke gawang.

Spanyol langsung tersengat dan keluar menyerang. Swiss kehilangan Freuler menit ke-77, setelah diusir wasit karena menekel Moreno.

Petkovic pelatih Swiss langsung menarik Shaqiri dan menggantinya dengan Djibril Sow di menit 80. Setelah Swiss bermain dengan 10 pemain, barulah Spanyol menekan.

Namun, Swiss bermain sangat berani dan hingga 120 menit tidak ada gol tercipta lagi. Sehingga, laga diakhiri dengan adu penalti.

Dua penendang Spanyol gagal, tiga penendang Swiss gagal. Skor 3-1 dari penalti untuk Spanyol. Penendang terakhir Swiss tak lagi menendang, karena skornya tak mengubah hasil.

Spanyol lolos ke semifinal dengan susah payah. Swiss pulang dengan kepala tegak. (mat)

Loading...