Bunda, Ini Tips Jaga Anak Lebih Aman Internetan Kala Pandemi

Loading...

Suarasiber.com – Pandemi Covid-19 telah membawa dampak di seluruh aspek kehidupan kita. Sekolah ditutup, kegiatan luar rumah untuk anak-anak dibatasi. Ketika di rumah saja, banyak waktu anak-anak dihabiskan dengan kegiatan daring.

Kegiatan daring juga membuka banyak peluang anak untuk belajar, bermain, mengakses informasi, dan berkomunikasi dengan teman-teman mereka.

Banyak beraktivitas daring pun tak luput dari beberapa risiko seperti anak jadi minim beraktivitas fisik, masalah kesehatan, hingga risiko kejahatan di internet.

Berikut beberapa tips menjaga anak agar tetap aman beraktivitas secara daring selama pandemi, dilansir suarasiber.com dari Instagram @kemensosri, Sabtu (24/7/2021).

  1. Batasi waktu berinternet dengan cara diskusi dan sepakati dengan anak berapa lama waktu berinternet.
  2. Beri tahu anak tentang internet yang aman, caranya dengan berkomunikasi tentang media sosial, platform dan situs apa yang sesuai dengan usia mereka.
  3. Jadilah pendengar yang baik, caranya berpikir terbuka dan siap mendengarkan jika anak menceritakan hal yang membuatnya tidak nyaman di internet.
  4. Jada data pribadi anak di internet, caranya dengan memastikan mengontrol pengaturan dan persetujuan keamanan di perangkat yang anak gunakan.
  5. Hormati privacy anak berinternet dengan cara memberikan kesempatan untuk menentukan apa yang ingin dan tak ingin ia bagikan di internet.
  6. Selalu dampingi anak berinternet, caranya dengan sesekali ikut kesukaannya untuk mempererat hubungan.
  7. Ketahui kontak bantuan dengan cara mamastikan ke mana harus melapor jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah tips aman berinternet bagi anak di kala pendemi, semoga bermanfaat bagi sobatsiber semua. (man)

Loading...