Anies: Warga Jakarta Boleh Buka Berbagai Sektor Usaha Asalkan Sudah Divaksin

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbicara tentang tahapan pembukaan kegiatan masyarakat bisa saja dilakukan asalkan syarat utamanya sudah dipenuhi, yakni vaksin Covid-19.

Pertimbangan Gubernur DKI ini, kasus aktif Corona di Ibu Kota RI ini turun hingga setelah 7,5 juta dosis vaksin virus Corona diberikan kepada masyarakat di Jakarta. Anies lantas berbicara tentang tahapan pembukaan kegiatan masyarakat.

Menurut Anies, data dan kenyataan di lapangan menyebutkan kecepatan pemberian vaksin cukup tinggi dan jangkauan yang sudah tervaksin sudah sampai 7,5 juta.

“Maka kami memutuskan vaksin menjadi bagian dari tahapan untuk kegiatan di masyarakat, baik kegiatan ekonomi, keagamaan, sosial, budaya di Jakarta,” kata Anies seperti dilihat dari YouTube Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (31/7/2021).

Berbagai sektor usaha pun akan diperbolehkan buka jika seluruhnya sudah divaksinasi. Artinya, sebelum kegiatan dimulai, pelaku di sektor itu, pelaku kegiatannya harus vaksinasi dulu. Jadi pembukaannya akan diatur bertahap dan tahapan itu ada kaitannya dengan vaksin.

Anies pun mencontohkan, misalnya tukang cukur mau buka boleh, dengan catatan yang mencukur dan yang akan dicukur sama-sama sudah divaksin.

Warung-restoran mau buka boleh, tapi karyawannya vaksin dulu, yang mau makan di restoran juga harus sudah vaksin. Kantor-kantor non-esensial mau buka, boleh, tapi harus mereka yang bekerja sudah vaksin dulu,” imbuhnya.

Ke depan, tahapan pembukaan kegiatan masyarakat ini akan selalu diiringi dengan pelaksanaan vaksinasi. Dengan kata lain vaksinasi merupakan keharusan. Bahkan mal dan tempat hiburan pun rencananya akan dibuka jika seluruh pihak sudah divaksinasi.

Status seseorang sudah divaksin atau belum bisa dilakukan dengan beragam cara. Ada aplikasi JAKI untuk mempermudah masyarakat dalam melihat status vaksinasinya. Selain itu, sertifikat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan dari PeduliLindungi juga bisa digunakan untuk melihat status vaksinasi. (man)

Loading...