free page hit counter

Terowongan Silaturahmi Masjid Istiqlal – Gereja Katedral Ditargetkan Rampung 17 Agustus

Loading...

Suarasiber.com – Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan Terowongan Silaturahmi yang menyambungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral.

Saat ini progres fisiknya telah mencapai 61% dan ditargetkan rampung pada 17 Agustus 2021.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, seperti dituliskan di Instagram @kemenpupr yang dikutip suarasiber, Selasa (1/6/2021) mengatakan penghubung antara dua rumah ibadah ini bisa saja menggunakan jembatan penyeberangan.

Tetapi karena faktor keamanan dan keselamatan, desain yang dipilih adalah terowongan bawah tanah.

Terowongan ini mulai dibangun pada 15 Desember 2020 lalu dengan kontraktor PT Waskita Karya, manajemen konstruksi PT Virama Karya dan perencana PT Yodya Karya.

Terowongan Silaturahmi dibangun dengan panjang tunnel 28,3 meter, tinggi 3 meter, lebar 4,1 meter dengan total luas terowongan area tunnel 136 m2 dengan total luas shelter dan tunnel 226 m2.

Arsitektur entrance terowongan dibangun dengan gaya modern yang eksteriornya menggunakan material transparan sehingga kecantikan desain Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral tidak terhalang.

Sementara untuk interiornya menggunakan material marmer serta dilengkapi dengan railing stainless sebagai simbol jabat tangan. Selain tangga, terowongan ini juga dilengkapi dengan lift difabel untuk menunjang fungsi sebagai bangunan publik.

Di samping sebagai ikon toleransi antar umat beragama, pembangunan terowongan ini berfungsi memudahkan akses jamaah antar bangunan rumah ibadah untuk memenuhi kebutuhan ruang parkir tanpa mengganggu arus lalu lintas saat ini. (mat)

Loading...