Fasilitas Kesehatan Indonesia Diprediksi Kolaps 2-4 Pekan ke Depan Jika Corona Terus Ngamuk

Loading...

Suarasiber.com – Pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda berakhir membuat Kabid Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Dr Masdalina Pane memprediksa kondisi Indonesia.

Pane mengatakan, fasilitas kesehatan Indonesia bisa saja kolaps jika pengendalian virus Corona di Indonesia tak diperketat. Hal itu akan terjadi dua sampai empat pekan ke depan bila corona masih mengamuk seperti saat ini.

Menurutnya, penambahan kapasitas tempat tidur bukan solusi atau jalan keluar mengatasi membludaknya keterisian bed pasien Covid-19. Pemerintah perlu menjalankan komunikasi risiko efektif, dan dengan tegas mengawal penerapan protokol kesehatan.

“Pengawasan di lapangan itu dibutuhkan untuk memantau apakah regulasi kita itu memang dilaksanakan dengan baik itulah tugas teman-teman di Satgas dan TNI Polri agar bisa mengawal penerapan regulasi,” kata dia dalam siaran live BNPB Kamis (17/6/2021), seperti dilansir dari detik.com.

“Jika tak ada containment, tidak ada pengendalian yang tepat dan cepat saya bisa katakan 2 minggu sampai 1 bulan lagi kita sudah akan kolaps,” tegasnya.

Pembatasan mobilitas, menurut Pane, tak bisa seterusnya efektif membendung lonjakan kasus COVID-19. Protokol kesehatan harus tetap menjadi perhatian utama serta upaya tracing yang baik.

Karenanya, strategi pengendalian pandemi Corona disebut Pane tak bisa hanya berjalan satu aspek saja. Perlu ada sinergi maksimal antara pemerintah dan masyarakat dalam menjalani perannya masing-masing.

“Karena itu strategi untuk mengatasi masalah ini tidak bisa hanya dengan terus menambah tempat tidur karena hanya pada satu titik itu akan terjadi lonjakan dimana RS dan tempat tidur sudah tidak mampu lagi mengatasinya,” jelas Pane.

“Maka yang harus dilakukan adalah containment di hulu jadi bagaimana caranya agar masyarakat itu tetap mematuhi protokol kesehatan tapi tracingnya kuat,” lanjutnya.

Pane mengklaim, kasus Corona di Indonesia pasca liburan sempat tak melonjak imbas tracing dijalankan dengan benar. Hal ini bisa menjadi solusi pengendalian pandemi Covid19 meski memang tak bisa langsung terlihat hasilnya.

“Karena kita juga pernah mengalami libur panjang yang kasusnya tidak naik, artinya model-model seperti itu yang harus kita lakukan jadi pada saat ini mungkin pembatasan mobilitas bisa menjadi solusi tapi itu tidak bisa lama,” kata dia.

Di akhir pernyataannya, Pane menyoal cakupan vaksinasi yang masih rendah. Harapannya program vaksinasi massal terus ditingkatkan. (man)

Loading...