free page hit counter

Pemuda Peracik Kopi Andal Ini Menunggu Dilamar Pemodal, Anda Tertarik?

Loading...

Suarasiber.com – Namanya Kirrom, anak muda kelahiran Jakarta yang sangat mencintai kopi. Berbagai cara dilakukannya untuk bisa meracik kopi sehingga layak dinikmati. Layak berarti enak, prosesnya benar dan aman secara kesehatan.

Butuh perjuangan baginya untuk bisa sampai ke level sekarang. Sejak 2007 lalu, saat masih SMA Kirrom sudah terbiasa dengan kopi kala begadang mengerjakan tugas. Selepas sekolah, ia menggali beragam informasi tentang cara meracik kopi sesuai seleranya.

Itu bukan tanpa alasan. Ia mulai bosan dengan kopi saset (instan) yang mereknya begitu banyak. Ia sudah mencoba mencampurnya, namun kepuasan itu tak kunjung dirasakannya. Kopi merek A terlalu manis, merek B terlalu kuat aromanya, merek C terlalu kental dan sebagainya.

“Kopi instan cenderung manis, itu membuat rentan terhadap semut. Ditinggal sebentar pasti sudah dikeributi semut, harus bikin lagi bikin lagi. Lalu dari situlah saya berpikir untuk pindah ke penyeduhan modern,” ungkap Kirrom saat wawancara melalui WhatsApp, Jumat (7/5/2021) malam.

Butuh waktu panjang bagi Kirrom untuk menguasai ilmu menyeduh kopi dengan sistem modern seperti ini. Foto – istimewa

Mulailah anak muda metropolitan ini membuka YouTube, membaca majalah tentang kopi. Ketika ketertarikannya semakin memuncak, di sela pekerjaannya, ia kelas private dari Giovanni Devara. Anda tentu tahu ia adalah Q Grader (quality control kopi arabica).

Ketika murid Giovanni semakin banyak, dibentuklah komunitas. Komunitas peracik kopi dengan penyeduhan modern ini biasa melakukan pertemuan untuk berbagi pengalaman.

Anggota komunitas sangat beragam. Mulai dari pemilik kebun, roaster, pemilik coffee shop, head barista, barista, hingga home brewer.

Menurut Kirrom, sebelum datangnya pandemi Covid-19 kopdar dengan teman-temannya bisa dilakukan sebulan dua kali. Namun sementara ini kopdar diliburkan. Praktir Kirrom dan teman-temannya sibuk dalam kesibukannya sebagai peracik kopi dengan penyeduhan modern.

Kini Kirrom pun tak lagi khawatir kopinya dikerubuti semut. Teknik penyeduhan modern memungkinkannya menggiling biji kopi sendiri, menyesuaikan suhu airnya, menentukan rasio antara kopi dan air serta berapa lama penyeduhan kopinya.

“Akhirnya saya menentukan sendiri kopi sesuai selera, nggak disemuti lagi. Mengapa? karena ngopinya tidak pakai gula sama sekali, hanya kopi dan air namun sangat layak diminum,” imbuhnya.

Tak sedikit penikmat kopi yang melalui fase seperti Kirrom. Fase pertama menikmati kopi instan atau juga kopi tubruk. Fase selanjutnya mereka sangat menikmati kopi tanpa gula dengan teknik penyeduhan modern. Meski tanpa gula, namun itulah ilmu yang kini dikuasai Kirrom sehingga rasanya sangat layak.

Untuk menguasai ilmunya, memang tak instan. Karena 10 tahun kemudian, sekitar 2017-an Kirrom mengaku baru bisa meracik kopi dengan benar.

Sebagai peracik kopi, ia harus mengetahui terlebih dahulu jenis kopinya, grade-nya, pascapanen bagamana pengangannya, level roastingnya seperti apa dan harus dicupping untuk menyesuaikan variabel-variabel seduh untuk memaksimalkan potensi rasa biji kopinya.

Kini Kirrom membuka kafe kopinya sendidi di dunia maya, lokasinya di Instagram @kopirume atau @rizkykirrom. Ia melayani order dari rumah, karena ia sudah memiliki sendiri alat-alat yang diperlukan untuk penyeduhan modern.

Saat ditanya suarasiber.com apa tidak tertarik membuka kafe kopi di luar daerah, misalnya Kepri, khususnya Tanjungpinang dan Batam, Kirrom langsung bersemangat.

Ia sendiri penasaran karena banyak mendapat cerita Tanjungpinang itu kota seribu kedai kopi. “Kalau Batam saya pernah main, memang hidup suasana kedai atau kafe kopinya. Menyenangkan,” ujarnya.

Kalau ada pemodal yang siap melamar dirinya, tak menutup kemungkinan ia akan pindah. Namun ia terlebih dahulu mengatakan syarat bagi siapa saja pemodal yang bersedia mengajaknya kerja sama.

“Asalkan visi dan misi yang dituju bisa sama dan seirama,” kata Kirrom menjelaskan.

Atau ada diantara pembaca suarasiber.com yang berniat membuka coffeeshop dan sedang membutuhkan ahlinya di bidang tersebut? Silakan klik Chat WA ini untuk bercakap langsung dengannya. (man)

Loading...