free page hit counter

Lawan Corona di Karimun, Sehari Vaksin 300 Warga Per Kecamatan

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Karimun bpk Dr. H. Aunur Rafiq, M.Si memimpin Rapat Evaluasi Percepatan Penanganan Covid-19 secara virtual bersama Forkompimda dan jajaran OPD di Lingkungan Pemda Kabupaten Karimun di Gedung Nasional, Minggu (23/5/2021).

Sejumlah pejabat terkait hadir pada rapat ini. Dari pembahasan dalam rapat maka diperoleh hal-hal penting sebagai berikut:

  1. Menambah Ketersedian Tempat Tidur di RSUD MUHD. Sani di lt 5 sehingga bisa mencapai 40.
  2. Memberlakukan pengaturan kapasitas daya angkut penumpang diatas kapal maksimal 75% dari kapasitas
  3. Memberlakukan pengaturan bagi Pedagang Makanan untuk tidak menyediakan layanan makan ditempat melainkan dibungkus dan tidak diperkenankan menyediakan kursi ditempat.
  4. Meningkatkan pengawasan di pelabuhan kecil /tidak resmi untuk mengawasi arus keluar masuk pelaku perjalanan melalui pelabuhan tidak resmi
  5. Menambah tenaga vaksinator sebagai tenaga relawan yang anggarannya akan dibantu dari provinsi.
  6. Mendorong masing2 kecamatan untuk menggerakan masyarakatnya melakukan vaksinasi dengan target minimal 300 orang / hari dengan pembagian tugas Puskesmas sebagai tenaga kesehatan dan Pihak Kecamatan dengan melibatkan unsur elemen di Tk. Kecamatan untuk menggerakan masyarakatnya agar mau melakukan vaksin di Posko yang telah ditetapkan.
  7. Bersikap tegas untuk membatasi kegiatan sosial masyarakat terkait acara resepsi pernikahan agar diawasi utk menghindari terjadinya cluster baru
  8. Melalui Dinas Sosial akan menyalurkan bantuan sosial berupa sembako bagi Masyarakat yang terpapar Covid-19
  9. Melalui Disnaker agar menyurati Pihak Sub Kontraktor masing-masing Perusahaan yang memperkejakan Tenaga Kerja dari luar agar dibawa melalui Pelabuhan resmi Tg Balai Karimun yang dilengkapi dengan hasil tes Negatif PCR.
  10. Melalui Dinas Kesehatan agar menyediakan Posko Pelaksanaan vaksinasi tambahan di Gedung Serba Guna Nilam Sari yang diperuntukkan bagi Pegawai ASN dilingkungan Pemda Kab Karimun.

KSOP memberikan masukan agar pelaku perjalanan membeli tiket dahulu baru GeNose untuk memastikan keberangkatan dan ketersediaan tiket yang dijual dari pihak agen kapal.

Sementara KKP menyarankan warga yang masuk hanya melalui pelabuhan domestik untuk memudahkan pemeriksaan lebih ketat.

Sekda juga memberikan masukan tentang data dari Puskesmas atau Dinkes lengkap baik nama dan alamatnya agar dapat dijaga dan dipantau bersama. Warga yang rumahnya tidak memnuhi syarat isolasi mandiri akan diisiolasi di Pusat Layanan terpadu Puksesmas Meral Barat.

“Pasien tanpa gejala yang tidak patuh isolasi mandiri agar dilaporkan kepada petugas agar diisolasi di pusat layanan terpadu di Puskesmas Meral Barat atau di tempat Karantina Terpadu SMP N 2 Tebing. (adi)

Loading...