free page hit counter

Indonesia Tuan Rumah Olimpiade Informatika Asia Pasifik (APIO) Tahun 2021

Loading...

Suarasiber.com – Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Informatika Asia-Pasifik – Asia Pacific Informatics Olympiad (APIO) untuk ke-3 kalinya, 21 sampai 26 Mei 2021.

Tahun ini, APIO ke-15 diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional bekerja sama dengan Ikatan Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia (IA-TOKI).

“Saya ucapkan selamat datang bagi seluruh peserta APIO 2021. Apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada para orang tua dan guru yang telah mendukung dan membangun semangat para siswa untuk tetap bersemangat belajar dan membangun eksistensi diri melalui aktivitas-aktivitas positif seperti mengikuti kompetisi dan lomba,” kata Plt Sekjen Kemendikbudristek, Ainun Na’im secara virtual di Bogor, Jumat (21/5/2021).

Dilansir dari kemendikbud.go.id, Minggu (23/5/2021) Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi mengatakan APIO menjadi salah satu wadah kompetisi, instrumen dan epistemologis dari kompetisi sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu kemajuan softskill, khususnya di bidang informatika.

Bagi Indonesia, dijadikan sebagai latihan tim Indonesia menuju International Olympiad in Informatics (IOI) tahun 2021 serta persiapan menjadi tuan rumah IOI tahun 2022 yang rencananya akan diikuti oleh 88 negara.

APIO 2021 diikuti oleh 952 siswa dari negara Asia Pasifik. Indonesia sendiri menempatkan 17 siswanya untuk berlaga pada ajang APIO 2021 dan paling banyak berasal dari Provinsi Jawa Timur sebanyak 6 siswa dan DKI Jakarta sebanyak 5 siswa. (fut)

Loading...