free page hit counter

Demi Fans, Final Liga Champions 2021 Dipindah dari Turki ke Portugal

Loading...

Suarasiber.com – UEFA akhirnya memindahkan venue final Liga Champions  dari Stadion Ataturk, Istanbul, Turki ke Estadio do Dragao di Porto, (29/5/2021).

Keputusan itu diambil UEFA menyusul kebijakan pemerintah Inggris, yang menempatkan Turki dalam daftar merah tujuan perjalanan Covid-19.

Jika tetap digelar di Turki, fans Man City dan Chelsea tidak bisa datang menonton langsung pertandingan itu.

Sementara, UEFA merasa bahwa segala sesuatu perlu dilakukan untuk memastikan para pendukung tim finalis dapat hadir.

Dengan pemindahan venue laga final Liga Champions ke Estadio do Dragao di Porto, maka 6.000 pendukung masing-masing tim bisa hadir ke stadion menyaksikan laga.

Karena, Portugal ditetapkan pemerintah Inggris sebagai zona hijau. Sehingga, fans kedua tim yang menonton ke Porto, tidak perlu dikarantina saat kembali ke Inggris.

Hal ini dijelaskan UEFA di portal resmingnya, Kamis (13/5/2021). UEFA juga menyatakan penyesalan ke Turki karena batal menggelar laga final itu. Dan, berjanji akan memberikan kesempatan di lain waktu.

Terkait hal itu Presiden UEFA Aleksander Čeferin mengatakan, “Saya pikir kita semua bisa setuju bahwa kita berharap tidak pernah mengalami tahun seperti yang baru saja kita alami.”

Fans, ujarnya, harus menderita lebih dari 12 bulan tak bisa melihat langsung tim mereka berlaga.  Sedangkan, mencapai final Liga Champions adalah puncak dari sepak bola klub.

“Menghilangkan kesempatan para pendukung untuk melihat pertandingan secara langsung bukanlah suatu pilihan. Dan, saya senang bahwa kompromi ini telah ditemukan.

Setelah tahun yang dialami para penggemar, adalah tidaklah benar. Jika mereka tidak memiliki kesempatan untuk menonton tim mereka di pertandingan terbesar musim ini,” imbuhnya lagi.

Aleksander Ceferin menambahkan, pihaknya meminta bantuan relasinya di Portugal untuk membantu UEFA dan Liga Champions.

“Saya selalu berterima kasih kepada FPF dan Pemerintah Portugis yang telah menyetujui untuk menggelar pertandingan dalam waktu sesingkat itu,” tukasnya. (mat)

Loading...