free page hit counter

ASN “Hantu” Masih Gentayangan, Jumlahnya 10 Ribuan Orang

Loading...

Suarasiber.com – Aparat Negeri Sipil (ASN) “hantu” alias tidak ada orangnya tetapi gajinya masih dikeluarkan diduga masih gentayangan. Namun jumlahnya sudah jauh berkurang.

Jika data pada 2014 silam diungkapkan ada 97 ribuan ASN seperti itu, saat ini hanya tinggal 10 ribuan.

Menurut Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja sama BKN Paryono, berkurangnya ASN “hantu” karena semakin banyak mereka ikut Pendataan Ulang PNS (PUPNS).

“Nanti akan kami sampaikan juga itu mungkin update data terbaru PNS yang masih misterius ini ada berapa. Tapi saya kira di bawah 10.000 atau berapa,” kata Paryono kepada wartawan dikutip suarasiber via detik.com, Rabu (26/5/2021).

Berdasarkan tindak lanjut yang dilakukan BKN sejak PUPNS 2015 digulirkan, per Mei 2021 disebut tinggal 7.272 PNS yang terdata belum mengikuti PUPNS 2015.

Meski begitu, pihaknya mengaku akan menelusuri lebih lanjut terkait PNS misterius ini. Dia meminta masing-masing instansi untuk mengeceknya dan segera menyampaikannya kepada BKN.

Paryono mengatakan pihaknya koordinasi dengan pengelolaan data bahwa PNS yang tidak terdata disampaikan ke instansinya yang harus ditelusuri.

“Apakah ASN-nya sudah aktif atau tidak. Misalnya meninggal atau kenapa, kok datanya masih ada di BKN walaupun posisinya freeze tidak bisa berkembang,” jelasnya.

Instansi pun diminta secara tegas untuk mengecek keberadaan para ASN “hantu” tadi. (man)

Loading...