free page hit counter

Liu Eng yang Sakit Kanker Payudara Diterbangkan Pakai Hercules TNI AU untuk Berobat

Loading...

Suarasiber.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) hadir bukan hanya untuk berperang. Mereka juga melaksanakan tugas sosialnya.

Seorang wanita berusia 57 tahun bernama Liu Eng yang tinggal di Natuna adalah penderita kanker payudara yang membutuhkan perawatan medis. Rumah sakit yang ada di natuna tidak memiliki fasilitas yang lengkap, sehingga Liu Eang dirujuk ke Batam.

Di Batam, rumah sakit yang menjadi rujukan ialah Rumah sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam. Sementara transportasi yang memungkinkan untuk itu tidak ada.

Hadir di tengah masyarakat, TNI AU pun melakukan evakuasi terjadap Liu Eng menggunakan pesawat Hercules A-1303 dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

Pesawat ini mendarat di Bandara Hang Nadim dengan aman dan lancar, Rabu (28/4/2021)

Kadis Ops Lanud Hang Nadim Batam Mayor Lek Wardoyo mengatakan, Lui Eng sudah merasakan sesak nafas yang berkelanjutan kurang lebih sebulan lalu. Oleh keluarganya, Liu Eng dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna.

“Mengingat fasilitas dan tenaga medis yang kurang lengkap, dari RSUD pasien selanjutnya dirujuk ke RSBP Batam,” ujar Mayor Lek Wardoyo, dilansir dari kabarbatam.com, Kamis (29/4/2021).

Dijelaskan Wardoyo, Kabupaten Natuna merupakan salah satu wilayah gugusan kepulauan terdepan di wilayah paling Utara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dengan letak gegrafis yang jauh, membuat Kabupaten Natuna minim sarana dan prasarana kesehatan maupun transportasi.

“Dari sinilah TNI AU hadir untuk rakyat, untuk masyarakat Natuna dengan menjalankan fungsi dan tugasnya dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) melalui Lanud Hang Nadim, Batam,” ungkap Wardoyo.

Saat Hercules mendarat, personel pendukung operasi penerbangan (Dukopsbang) Lanud Hang Nadim pun melakukan pemindahan Liu Eng dari pesawat ke ambulan. (man)

Loading...