free page hit counter

KRI Dewa Ruci Singgah di Kepri 14 – 17 September, BPNB Sudah Siapkan Sejumlah Acara

Loading...

Suarasiber.com – Kapal KRI Dewa Ruci akan berlayar mengelilingi daerah-daerah jalur rempah yang ada di Indonesia. Kapal legendaris ini juga akan sandar di Kepri, tepatnya Tanjunguban.

Dalam helatan Muhibah Festival Jalur Rempah ini akan dimulai dari Banda Neira, Maluku pada tanggal 17 Agustus 2021. Kapal diperkirakan akan tiba di Tanjunguban, Bintan, Kepri, pada 14 September 2021.

Tanjunguban menjadi salah satu titik sandar KRI Dewa Ruci hingga tanggal 17 September 2021.

Dalam rapat kordinasi di Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Wilayah Kerja Kepulauan Riau, Riau, Jambi, dan Bangka Belitung pada 21 April 2021, dibahas tentang Dewa Ruci.

Rapat dipimpin oleh Kepala BPNB Kepulauan Riau, Toto Sucipto yang menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah rangkaian acara untuk menyambut peserta muhibah budaya dan festival jalur rempah.

Kegiatan itu diantaranya jelajah jalur rempah di lintasan Sungai Carang, festival budaya, pameran wariosan budaya tak benda dan cerita sejarah Melayu di Pulau Penyengat.

Sementara Direktur Pengambangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbud, Restu Gunawan meminta Kepri mendukung kegiatan ini.

“Dengan membawa misi budaya, tentu kita berharap semua pihak menyukseskan kegiatan yang mengusung lima pilar, yakni festival kesenian, kuliner, ramuan, fashion dan historia ini,” harapan Restu Gunawan.

Pelayaran muhibah budaya dan festival jalur rempah ini diikuti 50 peserta dari 34 provinsi di Indonesia. (ztr)

Loading...