free page hit counter

Jadwal MotoGP Doha 2021, Rossi Incar Podium ke-200, Ducati Targetkan Menang

Loading...

Suarasiber.com – TISSOT Grand Prix of Doha 2021, seri kedua MotoGP 2021 digelar mulai, Jumat (2/4/2021) dengan latihan bebas. Dan, puncaknya, Minggu (4/4/2021) mulai pukul 21.00 WIB.

Seperti seri pertama, seri kedua ini digelar di tempat yang sama, yakni di Sirkuit Internasional Losail, Doha, Qatar.

Pada seri pertama minggu lalu, Maverick Vinales dari tim Monster Energy Yamaha menjadi jawaranya.

Dia diikuti dua pebalap Ducati yang kini disebut rudal dari Bologna, yaitu Johann Zarco dan Francesco Bagnaia.

Disebut rudal karena kecepatannya di trek lurus, yang sanggup membuat juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir dari Suzuki terlempar dari posisi dua beberapa meter menjelang garis finish.

Berdasarkan balapan MotoGP tahun lalu, tidak ada pemenang yang sama di sirkuit yang sama. Berarti, meski digelar di sirkuit yang sama, belum tentu Vinales jawara lagi.

Taktik Vinales menghemat keausan ban dengan menempel pebalap di depannya, sudah dipelajari rivalnya. Terutama para pebalap Ducati, yang motornya cocok di sirkuit ini.

Selain dengan pebalap Ducati, Vinales juga harus bersaing keras dengan seniornya, Valentino Rossi dari tim Petronas Yamaha SRT yang pekan lalu finish di posisi 12.

Pemilihan ban belakang yang tidak tepat, membuat Rossi dan rekannya Morbidelli terlempar dari 10 besar.

Dengan motivasi untuk podium ke-200 kali sepanjang karirnya, Rossi tentu belajar banyak dari kesalahan di seri pembuka itu.

Vinales sendiri sebagaimana dikutip dari situs motogp.com, menyadari hal itu. Dan, tidak pernah merasa sempurna.

“Kami harus meningkatkan dan melakukan sesuatu yang berbeda pada akhir pekannya. Tidak setiap akhir pekan sama.

Kami melihat tahun lalu bahwa ketika ada dua akhir pekan berturut-turut, semuanya banyak berubah. Jadi kami harus siap menghadapi situasi apa pun.

Bagaimanapun, kami tahu kami memiliki potensi yang bagus. Dan, kami akan berusaha memperbaikinya. Jika kami tidak dapat maksimal,” kata Vinales.

Sementara itu pebalap Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo, menegaskan tekadnya untuk menang. Mereka hanya perlu menjaga keausan ban belakang dan tetap kencang hingga akhir balapan.

“Targetnya adalah untuk menang dan kami tahu punya peluang untuk melakukannya. Dan, kami harus mengelolanya (ban belakang). Agar memiliki kesempatan selama balapan (tetap kencang),” ucap Bagnaia.

Balapan yang sangat menarik untuk disaksikan. Dan, Losail pun dipastikan akan memanas kembali akhir pekan ini.  (mat)

Loading...