free page hit counter

Cara Mudah Membuat Kompos dari Rumput Liar Pasti Jadi

Loading...

Suarasiber.com – Rumput liar sering dipandang remeh, selain menjengkelkan karena membuat halaman atau kebun jadi bersemak.

Padahal, rumput tersebut bisa diolah menjadi produk yang berguna. Dan; bahkan bisa bernilai ekonomis, jika dikelola dengan serius.

Produk dimaksudkan itu, adalah menjadikan sampah dari rumput liar yang sudah dipotong dan akan dibuang atau dibakar menjadi pupuk kompos. Pupuk yang berguna untuk menyuburkan tanaman.

Pupuk kompos adalah salah satu pupuk organik yang berasal dari penguraian atau dekomposisi bahan organik. Proses dekomposisi itu dilakukan oleh mikroorganisme aktif.

Karena dalam proses pembuatan kompos diperlukan bantuan dari cairan dekomposer. Cairan ini bisa diperoleh dengan mudah dan murah di toko pertanian.

Bahan yang Diperlukan

Kembali ke topik tulisan di atas, yaitu cara membuat kompos dari rumput liar. Untuk membuatnya diperlukan sejumlah bahan. Bahan-bahan tersebut, adalah:

  1. Sampah rumput liar yang sudah kering atau dikeringkan. Jumlahnya terserah saja seberapa dapatnya. Semakin banyak bahan baku sampah rumput keringnya, semakin banyak juga kompos yang dihasilkan.
  2. Larutan dekomposer. Bisa dibuat sendiri tapi jika mau praktis cukup dengan membelinya di toko pertanian.
  3. Wadah penyimpan, bisa berbentuk apa saja tapi yang paling praktis kantung plastik atau keresek warna apa saja.

Bisa juga digunakan ember yang ada tutupnya atau bekas kaleng cat. Ukuran wadahnya ini disesuaikan saja dengan jumlah bahan yang diperoleh.

  1. Ember, untuk media sejenis yang bisa digunakan untuk mencampur adukan larutan dekomposer dengan air.

Cara Pembuatan Kompos dari Rumput Liar

rumput-liar-jadi-kompos-1
  1. Kumpulkan potongan rumput liar yang sudah kering. Kemudian, dicacah hingga ukurannya bisa menjadi sekecil mungkin. Tujuannya, untuk memudahkan proses dekomposisi atau penguraiannya.

Bisa saja potongan rumput itu tidak dihaluskan lagi. Namun, proses pengomposan atau dekomposisinya akan memakan waktu lebih lama.

  1. Campurkan larutan dekompose dengan air secukupnya. Untuk takarannya biasanya sudah tertera di botol laruran tersebut.
  2. Basahkan atau rendam seluruh rumput kering itu, angkat kemudian masukkan ke wadah penyimpanan yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Wadahnya bisa berupa pot biasa yang tentunya harus ditutup rapat tapi mudah dibuka. Bisa juga kantong plastik kereawk biasa.

Tempatkan wadah berisi rumput kering yang sudah dibasahi dengan larutan dekomposer di tempat yang terlindung dari sinar matahari.

  1. Periksa secara rutin setiap 6-7 hari sekali. Aduk-aduk kembali agar mikroorganisme pengurai bisa bekerja maksimal.

Dalam waktu sekitar 3 – 4 minggu, rumput liar yang awalnya hanya limbah atau sampah sudah berubah menjadi pupuk.

Jika dalam waktu tersebut ternyata hasilnya belum sepenuhnya jadi kompos. Maka, tutup dan simpan lagi di tempat semula hingga rumput liar jadi kompos. (mat)

Loading...